TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SINERGITAS TNI POLRI JELANG PILPRES 2014

By 07 Jul 2014 22:07Berita Satuan
GELAR PASUKAN PILPRES

Menjelang pelaksanan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tanggal 9 Juli 2014 mendatang, Kodam IX/Udayana dan Polda Bali menggelar Apel Bersama, Pengecekan Kesiapan Pengamanan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014, pada Senin (7/7) di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Rai, Renon, Denpasar.
Apel bersama ini diikuti oleh segenap unsur TNI baik Darat, Laut dan Udara serta Polda Bali dengan segala kelengkapan dan ALUTSISTA masing-masing dengan tujuan untuk mengecek secara langsung tentang kesiapan perorangan maupun satuan sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan prosedur di lapangan. Untuk itu setiap komando dan unsur yang terlibat harus benar-benar mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing serta setiap saat siap untuk digerakkan. Pada kesempatan tersebut bertindak sebagai pengambil Apel Bersama adalah Kapolda Bali Irjen Pol AJB Mokalu, dalam amanatnya menyampaikan bahwa Apel Bersama seperti ini sangat tepat dilaksanakan ungtuk memupuk kerjasama yang selama ini sudah berjalan dengan baik antara TNI-POLRI dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban serta menjaga kedaulatan Negara. Sebagai alat negate TNI_POLRI mempunyai tanggungjawab yang sama dalam menjaga dan mengawal demokrasi agar dapat berjalan secara demokratis, Tertib,Anan,Lancar, TNI-POLRI adalah asset bangsa dan andalan Negara dalam menjaga stabilitas keamanan dan kedaulatan NKRI, oleh karena itu TNI-POLRI harus bekerjasama,saling membantu,menguatkan dan mendukung.
Disamping itu pula sinergitas TNI-POLRI adalah merupakan amanah Undang-Undang, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nonor 34 Tahun 2004 tentang TNI khususnya pada pasal 7 Ayat, huruf B, angka 10, dinyatakan “ TNI memiliki tugas membantu Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat” dan selanjutnya dalam pasal 20, Ayat 2, disebutkan’ Penggunaan kekuatan TNI dalam rangka melaksanakan operasi militer selain perang, dilakukan untuk kepentingan pertahanan Negara dan/atau dalam rangka mendukung kepentingan nasional sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sedangkan POLRI sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Bab VII prihal bantuan, hubungan dan kerjasama, pasal 41 Ayat 1, menyatakan “ Dalam Rangka Melaksanakan Tugas Keamanan dan Ketertiban, Kepolisian Negara Republik Indonesia Dapat Meminta Bantuan TNI Yang Diataur Lebih Lanjut dengan Peraturan Pemerintah”. Selanjutnya Kapolda juga memberikan penkanan tentang, jaga netralitas TNI-POLRI Guna Mensukseskan Pilpres 2014, Tingkatkan dan Kembangkan sinergitas TNI-POLRI dalam melaksanakan tugas, Jalin koordinasi dan kerjasama dengan seluruh stakeholder penyelenggara pemilu, pemerintah dan semua elemen masyarakat , cegah adanya kekerasan dan benturan dalam pengamanan Pilpres, ajak dan rangkul masyarakat, tokoh adat, agama, pemuda dan organisasi kemasyarakat dalam membina keamanan di lingkungan masing-masing.
Senada dengan Kapolda, Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya juga menyampaikan, bahwa untuk melaksanakan tugas bantuan TNI kepada POLRI jangan ragu-ragu dan dalam melaksanakan tugas pengamana Pilpres ini TNI-POLRI siap amankan Bali. Tunjukkan kinerja dan kerjasama, sinergitas TNI-POLRI secara profesional, demikian penekanan Pangdam.
Pada kesempatan tersebut juga disampaikan tugas patroli gabungan dari masing-masing satuan termasuk route yang ditempuh antara lain, Route I Gabungan antara PJR, POM, Brimob, Zipur, Pol Air, Lanal, Lanud dengan route, Jalan Ayani, Renon, Tohpati dan Jalan WR Supratman. Route II, dilaksanakan oleh, PJR, POM, Yonif 900/Raider, Sabara, Kikavser, Korem, Kodim, dengan route, Jalan Dewi Sri, Diponogoro dan Puputan Badung. Sedangkan untuk Polres-Polres melaksanakan Patroli di wilayahnya masing-masing.
Apel Bersama Gelar Kesiapan Pengamanan Pemilu ini dihadiri oleh, Kasdam IX/Udayana, Brigadir Jenderal TNI, Danu Nawawi,S.Sos, Danrem 163/Wirasatya, Para Asisten, LO-AL, LO-AU, Para Kabalak Jajaran Kodam IX/Udayana dan Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai dan Para pejabat Polda Bali serta sejumlah undangan lainnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SINERGITAS TNI POLRI JELANG PILPRES 2014