TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

400 Masyarakat Perbatasan RI-PNG Ikut Kegiatan Terpadu Memeperingati HUT ke-69 RI

By 14 Aug 2014 20:25Berita Satuan
BAKSOS 1

Dalam rangka memperingati HUT ke-69 RI, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP menggelar sejumlah kegiatan terpadu seperti pengobatan massal gratis, penyuluhan hukum dan kesehatan, serta perlombaan permainan di wilayah perbatasan RI-PNG.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 12 s.d 17 Agustus 2014 yang dipusatkan di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, dan melibatkan seluruh masyarakat Kampung Yanggandur serta seluruh siswa SD dan SMP Yanggandur. Jumlah masyarakat yang berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan tersebut lebih dari 400 orang.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Dansatgas Yonif 320/BP, sambutan dari Kepala kampung Yanggandur, Kepala Sekolah SD Yanggandur serta sambutan dari Dokter Puskesmas Sota. Selanjutnya kegiatan yang dilaksanakan antara lain Penyuluhan Hukum oleh Kapten Chk Hariman Indragiri, S.H., Penyuluhan Kesehatan oleh Letda Ckm dr. Ghanda Wibowo, Pengobatan Massal gratis, dan sejumlah Perlombaan Permainan oleh Pasiops Satgas Yonif 320/BP Lettu Inf Surianto selaku Koordinator.

Kepala Kampung Yanggandur Bapak Julius Glambu merasa bangga dan mengucapkan terimakasih kepada Dansatgas Yonif 320/BP yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Yanggandur dan mencanangkan Kampung Yanggandur sebagai Kampung Merah Putih yang ditandai dengan dipasangnya bendera Merah Putih di seluruh rumah warga. Kepala Sekolah SD Yanggandur Bapak Emirikus Renyan pun memberikan kesan yang positif dan mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan Satgas Yonif 320/BP dalam rangka memperingati HUT ke-69 RI yang melibatkan seluruh anak didiknya memberikan pelajaran yang berharga bagi seluruh anak didiknya sehingga dapat menumbuhkan semangat, motivasi, kreativitas, dan yang paling penting dapat meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangga sebagai anak Indonesia.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP Letkol Inf Abdul Hamid, S.I.P., mengatakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT  ke-69 RI kali ini melibatkan seluruh warga masyarakat dan seluruh siswa SD dan SMP Yanggandur bertujuan untuk lebih meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat perbatasan sehingga mereka memiliki kebanggaan terlahir sebagai warga negara Indonesia dan sekaligus sebagai momentum untuk menjalin komunikasi sosial apalagi kegiatan yang dilaksanakan benar-benar langsung menyentuh masyarakat, sehingga diharapkan terjalin sinergitas yang baik antara Satgas Yonif 320/BP dengan masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG. “Kegiatan peringatan HUT ke-69 RI  tidak hanya dilaksanakan di Pos Yanggandur saja, akan tetapi dilaksanakan juga di seluruh jajaran Pos Pamtas Yonif 320/BP yang mempunyai Kampung Binaan dan seluruh kegiatan yang dilaksanakan melibatkan masyarakat sekitar Pos. Meskipun terdapat kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-69 RI, namun kami tetap siap sedia dan waspada guna menjamin situasi keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG agar senantiasa kondusif”, tegas Dansatgas. (Satgas Yonif 320/BP-Pendam III/Slw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

400 Masyarakat Perbatasan RI-PNG Ikut Kegiatan Terpadu Memeperingati HUT ke-69 RI