TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Asops Panglima TNI Cek Kesiapan Satgas Yonif 405/Sk

By 13 Aug 2014 21:54Kodam IV/Diponegoro
DSC_7841

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ridwan bersama rombongan diantaranya Pangdam IV/Dip Mayjen TN Sunindyo, Dansatkomlek Brigjen TNI Ir. Mulyanto, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M., para askasdam dan Ka Balak Aju Kodam IV/Dip, mengecek kesiapan Satgas Yonif 405/Si yang akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia, berlangsung di Yonif 405/Sk Wangon Selasa (5/8).

Dalam pengarahannya Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ridwan menyampaikan bahwa pasukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 405/Sk sudah sangat siap, baik dari kesiapan personel, materi latihan maupun aspek-aspek dalam latihan.

Dikatakan bahwa, pasukan Yonif 405/Sk yang akan melaksanakan pengamanan perbatasan negara sepanjang 2000 km selama sekitar sembilan bulan, terbagi dalam 36 pos-pos yang tersebar di wilayah perbatasan, dimana setiap pos berjarak sekitar 15 Km dengan jumlah personel 15 orang setiap posnya.

Mayjen TNI Ridwan berharap agar para prajurit dalam melaksanakan tugas dengan baik, selain itu para prajurit agar tetap menjaga nama baik satuannya dan TNI serta dapat berprestasi lebih baik lagi.

Dalam menghadapi tugas pengamanan perbatasan, prajurit Yonif 405/Sk sebelum diberangkatkan, telah melaksanakan berbagai kegiatan berupa pembekalan-pembekalan dari instansi terkait berupa materi hukum dan humaniter, keimigrasian, bea cukai, kepolisian dan materi teritorial meliputi antropologi, sosiologi masyarakat setempat, pengetahuan agama dan pengetahuan tentang tokoh dan bahasa daerah. Selain itu, mempelajari berbagai studi kasus tentang pengamanan aksi pembalakan liar, penyelundupan barang terlarang, TKI ilegal dan human traficking di wilayah perbatasan.

Sementara itu, Danyonif 405/Sk Letkol Inf Bayu Jagat menyatakan bahwa personel yang diberangkatkan dalam tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia sebanyak 350 personel telah dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan, selain itu juga dibekali tentang pengetahuan teknologi pertanian, pertukangan, kesehatan, pendidikan hingga komunikasi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Asops Panglima TNI Cek Kesiapan Satgas Yonif 405/Sk