TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 071/Wk Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Baru UNSOED

By 29 Aug 2014 00:35Berita Satuan
_DSC0650

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. pada Senin (25/8) memberikan kuliah umum kepada 4.459 mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Dalam materinya, Danrem 071/Wk menyampaikan tentang Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan. Bela negara, menurutnya merupakan upaya pembelaan warga negara terhadap negaranya sesuai dengan profesinya masing-masing. Spektrum bela negara sangat luas, dimulai dari hal paling lunak yakni hubungan baik sesama warga negara sampai dengan yang paling keras yaitu menangkal ancaman nyata musuh bersenjata.

Syarat-syarat bela negara diatur dalam Pasal 27 Ayat (3) UUD 1945, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara” dan penjabarannya terdapat dalam UU No. 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Lima nilai dasar bela negara yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik dan non fisik. Wawasan kebangsaan yang memiliki 3 pilar yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan.

“Tentunya kita berharap dengan para mahasiswa tahun ajaran 2014 Unsoed ini agar dapat menjadi pelopor untuk memajukan bangsa dan juga diri sendiri, itu harapan kami”, terang Danrem 071/Wk.

Selain memberikan ceramah bela negara dan wawasan kebangsaan, Danrem 071/Wk juga memberikan pengarahan kepada para mahasiswa agar tidak terpengaruh, bergabung ataupun memberikan dukungan kepada Islamic State of Iraq and Sham (ISIS).

Sementara itu, Rektor Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa baru merupakan putra-putri terbaik bangsa yang terpilih melalui kompetisi yang ekstra sulit dan penuh persaingan.

Sejak tiga tahun terakhir, lanjutnya. Minat studi sisw sekolah menengah atau madrasah untuk melanjutkan studi di Unsoed menunjukkan kecenderungan meningkat tiap tahunnya.

“Hal ini menunjukkan Unsoed semakin dipercaya, diminati dan menjadi destinasi bagi masyarakat khususnya calaon mahasiswa sebagai tempat melanjutkan studi”, papar Rektor Unsoed.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 071/Wk Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Baru UNSOED