TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 071/Wk Resmikan Pintu Gerbang Museum Pangsar Soedirman Rembang

By 25 Aug 2014 15:44Berita Satuan
_DSC0464

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. pada Minggu (24/8) meresmikan dan menandatangani prasasti telah selesainya pembangunan pintu gerbang Museum Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman di Desa Bantarbarang Rembang Purblaingga.

Dalam jumpa persnya, Danrem 071/Wk menyampaikan bahwa inisiatif dibangunnya pintu gerbang museum Pangsar ini adalah dari Kepala Desa Bantarbarang Rembang karena banyak orang tidak tahu letak kelahiran Pangsar, yang disampaikan kepada Danrem 071/Wk pada saat pelaksanaan kegiatan Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang dipusatkan di Museum Pangsar pada 20 Mei 2014 lalu.

Semenjak itu, inisiatif tersebut direspon oleh para peserta upacara diantaranya HHH Wijayakusuma Purwokerto, Hash Unsoed, Harley Davidson Club Purwokerto, Black Car Community Purwokerto dan para pengusaha dan beberapa komponen bangsa lainnya. Sangat antusias menyumbang dengan sukarela untuk membangun sebuah pintu gerbang museum Pangsar ini.

“Dengan dibangunnya pintu gerbang ini, harapannya kepada masyarakat agar jiwa juang dan semangat Panglima Besar Jenderal Besar Soedirman dapat muncul kembali di masyarakat. Kita lihat, bagaimana amanat-amanat Pak Dirman mengandung nilai-nilai filosofi yang tinggi dan sampai saat ini masih tertulis dimana-mana. Saya mengharapkan, mari kita wujudkan perjuangan Pak Dirman dalam rangka membangun bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Dengan adanya pembangunan ini, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat”, terang danrem 071/Wk.

Pada kesempatan lain, Danrem 071/Wk menyampaikan bahwa dengan didirikannya pintu gerbang ini, agar masyarakat tahu bahwa ditempat ini pernah dilahirkan seorang pejuang bangsa yakni Pak Dirman.

“Saya sangat tersentuh dengan warga masyarakat disini, karena sangat antusias dan dengan sukarela menyediakan berbagai hidangan dan minuman pada kami dan peserta yang lain dalam kegiatan gerak jalan bersama ini. Berarti disini dapat dilihat demikian pada saat dahulu para pejuang kita berjuang bersama-sama masyarakat dengan apa adanya. Masyarakat mendukung perjuangan dengan, sehingga pada saat itu para pejuang bersemangat dan penuh motivasi untuk merebut kemerdekaan”, papar Danrem 071/Wk dalam sambutannya selesainya kegiatan gerak jalan bersama masyarakat sekitar Rembang.

“Oleh karena itu, mari kita ingatkan kembali dan mari kita segarkan kembali, karena mungkin banyak daerah-daerah lain yang belum tersentuh oleh kita. Mari kita jangan lupakan sejarah, karena dari situlah kita berangkat”, sambungnya.

Dengan kehadiran kita ditengah masyarakat, kita dapat melihat bagaimana respon dan spontanitas masyarakat kepada kita. Spontanitas masyarakat seperti pada masa perjuangan dulu masih tergambar sampai saat ini.

“Mari kita bangkitkan kembali semangat perjuangan ini, semangat pembangunan ini dalam rangka memberikan motivasi kepada masyarakat kita sehingga masyarakat kita mempunyai semangat untuk mempertahankan keutuhan NKRI ini”, tegas Danrem 071/Wk.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi dan tulus kepada para semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan pintu gerbang Pangsar Jenderal Besar Soedirman ini, semoga dengan adanya pintu gerbang ini akan menambah indahnya khasanah keberadaan museum tersebut”, sambung danrem mengakhiri sambutannya.

Hash Housh Hariers dalam rangka memeriahkan HUT Ke-53 Korem 071/Wk dan Hash House Hariers rutin ke 1011 yang diselenggarakan komunitas Hash Wijayakusuma,  diikuti Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M., Bupati Purbalingga beserta FKPD Purbalingga, Kasrem 071/Wk, para Kasirem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Ketua Hash Wijayakusuma Purwokerto beserta pengurus dan anggota, Hash Unsoed, Pimpinan dan anggota komunitas Harley davidson Purwokerto, Pimpinan dan anggota Black Car Comunity Purwokerto, serta warga masyarakat sekitar Kecamatan Rembang dan sekitarnya.

Selain menyelenggarakan Hash, juga memberikan bantuan berupa satu unit komputer kepada beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Rembang diantaranya untuk SMKN 1 Rembang, SMAN 1 Rembang, MTS Ma’arif 03 Rembang, SDN 1 Bantarbarang, MI Ma’arif 01 Bantarbarang, dan MI Ma’arif 02 Bantarbarang.

Dalam Hash tersebut, juga dilaksanakan pengundian doorprize hadiah utama berupa 1 unti sepeda motor Honda Revo dan yang berhasil mendapatkan Hadiah tersebut Sdri. Tri Lestari warga Desa Bantarbarang Kec. Rembang Kab. Purbalingga.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 071/Wk Resmikan Pintu Gerbang Museum Pangsar Soedirman Rembang