TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

EVALUASI TUGAS DAN KINERJA SATUAN PENERANGAN

By 26 Aug 2014 17:21Kodam XVI/Patimura
Evaluasi Pendam2

Seiring dengan perkembangan zaman TNI Angkatan Darat, khususnya di bagian Penerangan tidak boleh menempatkan pers atau media massa sebagai pihak yang berseberangan. Media massa adalah mitra yang sangat penting, jelas Kepala Penerangan Kodam Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Inf Slamet Musafak. S, Sos pada saat memimpin rapat evaluasi kinerja satuan Penerangan Kodam. Bertempat di Media Center Pendam (25/08).

Media massa dan Dinas Penerangan AD memiliki kesamaan yakni dituntut bekerja secara profesional dan didasarkan pada kode etik yang jelas. Keberadaan media massa juga dapat mempermudah tugas Penerangan Kodam yang semakin kompleks. Tiap prajurit Penerangan harus lebih profesional untuk menjalankan tugas, oleh karena itu pendidikan yang ada dari tiap personel baik Prajurit dan PNS dalam bidang tugas dan jabatan harus diperhatikan agar terlaksananya tugas pokok penerangan. Dikaitkan dengan dinamika kegiatan yang ada di Kodam XVI/Pattimura, maka teknologi yang ada harus terus dikembangkan mengikuti perkembangan teknologi global.

Berkaitan dengan itu masing-masing bagian atau seksi di Penerangan harus berperan dalam mendukung tugas Pendam, mulai dari Seksi Penerangan Umum pembinaan rekan media untuk diperdalam, sebagai penyuara dari Dinas Penerangan AD harus dapat memelihara hubungan baik dengan pers, khususnya di bidang Penerangan Umum dan Seksi Penerangan khusus yang setiap saat bekerja serta berhubungan dengan Informasi ataupun berita yang terkini melalui Media massa. Beliau juga menyatakan, jajaran Penerangan Kodam memiliki tugas yang cukup berat dalam upaya membangun citra positif TNI AD karena dituntut untuk selalu evaluasi dan selalu menambah kemampuannya dalam menganalisa kondisi yang berkembang, Seksi Penerangan satuan menyelenggarakan penyebaran informasi ke jajaran satuan Angkatan Darat selain itu penggunaan Alat khusus penerangan (Alsuspen)dari Pelaksana Teknis (Laknis) yang harus diupdate untuk mengikuti dinamika kegiatan Kodam XVI/Pattimura sebagai kotama yang untuk diabadikan sebagai suatu moment atau dokumentasi yang nantinya akan menjadi bukti sejarah.

Lebih lanjut Kapendam mengatakan bahwa Personel Penerangan Kodam dituntut untuk bisa menguasai teknologi informasi (TI) sebagai salah satu persyaratan dalam tugasnya dalam membangun citra positif Kodam. Penguasaan teknologi informasi merupakan tuntutan dan kebutuhan bagi jajaran Penerangan AD, walaupun dengan keterbatasan jumlah personel bukan merupakan hambatan bagi tugas Penerangan Kodam dalam mendukung tugas pokok Kodam XVI/Pattimura.”tegasnya”.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

EVALUASI TUGAS DAN KINERJA SATUAN PENERANGAN