TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hubdam II/Swj Kenalkan Alutsista Baru

By 29 Aug 2014 00:56Kodam II/Sriwijaya
DSC_0189

Satuan Perhubungan Kodam II/Swj yang berlokasi di jalan Jaksa Agung R. Suprapto 13 Palembang memiliki Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) baru, yakni Sentral Perhubungan (Senhub) Mobile dan Senhub Fixed Alutsista baru, yang diterima oleh Kodam II/Swj pada tahun anggaran 2013 lalu, Kamis kemarin (28/8/2014) digelar di lapangan Markas Hubdam II/Swj dan diperkenalkan kepada anak-anak usia dini, yakni kepada anak-anak TK  Kartika II -3 Hubdam II/Swj. Tampak puluhan prajurit Hubdam II/Swj secara terampil dan cekatan mengoperasikan Alutsista yang dilengkapi alat-alat canggih tersebut dan disaksikan langsung oleh Kahubdam II/Swj Letkol Chb Ir. Eko Sudariyanto, segenap warga Hubdam II/Swj serta anak-anak TK dan guru pembimbingnya.

Kahubdam II/Swj, disela-sela kegiatan latihan pengoperasian Alutsista tersebut mengatakan bahwa dengan adanya Alutsista perhubungan yang baru, maka penyiapan prajurit yang memiliki kemampuan dalam mengoperasikan peralatan komunikasi yang berteknologi tinggi mutlak diperlukan. “Hal ini harus dilakukan melalui kegiatan latihan yang terus menerus dan berkesinambungan”, ujarnya.

Senhub Mobile ini digunakan sebagai pusat kegiatan pemberitaan dan penyampaian informasi bagi kepentingan komando dan pengendalian Pimpinan Kodam II/Swj, dimana dalam Alutsista ini terdapat konsentrasi dan integrasi berbagai macam peralatan komunikasi elektronika modern dan canggih. Alutsista inilah yang digunakan oleh para unsur pimpinan Kodam II/Swj dalam melaksanakan Komando dan Pengendalian serta melakukan koordinasi dengan satuan jajaran Kodam II/Swj.

Senhub Mobile ini merupakan sarana terintegrasi antara kendaraan, perangkat dan antenanya yang berfungsi sebagai alat komunikasi, diantaranya video conference audio, dan komunikasi data serta dilengkapi dengan antenna V-sat, yang di desain sedemikian rupa sehingga dapat memposisikan antenna V-sat berdiri sendiri diatas kendaraan dengan modifikasi khusus.

Letkol Chb Ir. Eko Sudariyanto juga bertekad untuk mewujudkan seluruh prajurit Hubdam II/Swj tampil profesional, prajurit yang mampu menguasai dan terampil dalam mengoperasikan peralatan Komunikasi yang ada di satuan Hubdam II/Swj, sehingga tugas pokok dukungan komunikasi di wilayah Kodam II/Swj dapat terlaksana secara optimal.

Selain itu, Kodam II/Swj juga akan mengenalkan sejumlah Alutsista baru yang dimiliki kepada masyarakat, sebagai salah satu bentuk pertangggungjawaban pengelolaan anggaran TNI AD kepada masyarakat. Direncanakan kedepan Alutsista yang dimiliki oleh Paldam II/Swj dan kendaraan tempur Yonkav 5/Serbu akan diperkenalkan kepada masyarakat, termasuk anak-anak usia dini. (Pendam II/Swj)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hubdam II/Swj Kenalkan Alutsista Baru