TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TARIAN FLOBAMORA BERSATU KOREM 161/WS MERIAHKAN HUT RI KE-69 RI

By 21 Aug 2014 21:05Kodam IX/Udayana
tari kolsal

Bila pada tahun-tahun sebelumnya hanya berupa seremoni dan dilanjutkan dengan kegiatan tambahan berupa penyerahan penghargaan, beda dengan upaca peringatan HUT ke 69 Republik Indonesia hari Minggu (17/08/2014) kali ini. “Tarian Kolosal Flobamora Bersatu”, demikian judul tarian yang dipersembahkan oleh Korem 161/Wira Sakti pada salah satu rangkaian kegiatan upacara hari ulang tahun ke 69 Republik Indonesia yang digelar di alun-alun rumahjJabatan Gubernur Nusa Tenggara Timur yang berlokasi di jalan El Tari Kupang.

Demontrasi tarian kolosal flobamora bersatu yang merupakan inisiatif dan ide kreatif dari Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigadir Jenderal TNI Achmad Yuliarto tersebut ditampilkan usai kegiatan upacara HUT ke 69 RI Republik Indonesia. Para undangan, peserta upacara maupun penonton yang saat itu menyaksikan atraksi tersebut sangat terhibur oleh penampilan tari kolosal tersebut.

Tarian Kolosal Flobamora Bersatu melibatkan personel sebanyak 500 orang terdiri dari prajurit Korem 161/WS, Brigif 21 Komodo, Yonif 743/PSY , Kodim 1604/ kupang , Balak aju jajaran Korem 161/WS, Lantamal VII Kupang, Lanud El Tari Kupang dan Kepolisian Daerah NTT. Turut berpartisipasi dalam tari kolosal diantaranya ibu-ibu Persit KCK Korem 161/WS, Jalasenastri Lantamal VII Kupang, dan Pia Ardya Garini Lanud El Tari Kupang, serta tak ketinggalan pula para pelajar putra putri dari SLTA se kota Kupang.

Ratusan penari dibentuk kelompok-kelompok sesuai nama dan budaya Nusa Tenggara Timur. Sedangkan tarian yang dibawakanpun sesuai dengan corak pakaian adat daerah yang dikenakan oleh kelompok tari tersebut. Tiap kelompok tari tampil secara bergantian dan membentuk formasi tertentu sehingga menggambarkan keanekaragaman seni dan budaya NTT.

Puncak dari seluruh rangkaian atraksi tari kolosal flobamora bersatu yaitu pembacaan naskah proklamasi oleh dua prajurit yang memerankan tokoh Bung Karno dan Bung Hatta dan dilanjutkan dengan pemotongan tali dan penerbangan balon spanduk Dirgahayu Ri Ke-69 oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya didampingi Ibu Lucia Adinda Leburaya.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dan persembahan tari kolosal selesai, kegiatan dilanjutkan acara syukuran HUT ke-69 Republik Indonesia bertempat di lantai dasar Monumen Menara Manunggal Flobamora (M3F) Makorem 161/WS.

Pada sore hari, kegiatan berlanjut pada upacara penurunan bendera di alun-alun rumah jabatan Gubernur diteruskan malam pukul 19.00 Wita berlangsung acara tos kemerdekaan bertempat di aula rumah jabatan Gubernur NTT.(Penrem 161)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TARIAN FLOBAMORA BERSATU KOREM 161/WS MERIAHKAN HUT RI KE-69 RI