TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodiklat TNI AD Laksanakan Latihan Menembak Di PT Pindad

By 28 Aug 2014 16:13Kodiklat
pindad 5 (1)

Bandung- Bertempat di lapangan tembak pistol PT Pindad, hari ini, Rabu 27/8,  para Perwira Kodiklat TNI AD berpangkat Kolonel keatas melaksanakan latihan menembak pistol yang dipimpin langsung oleh Wakil Komandan Kodiklat TNI AD, Mayor Jenderal TNI Dody Usodo Hargo S., S.I.P., M.M.

Menjadi Prajurit yang Profesional, Handal dan Militan merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit. Hal ini dibuktikan oleh Prajurit Kodiklat TNI AD beserta seluruh jajarannya dengan konsisten mengasah kemampuan militer. Salah satunya adalah kemampuan menembak pistol.

Sebelum latihan menembak di mulai, Direktur PT.Pindad Sudirman Said terlebih dahulu memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan berbagai jenis senjata produk PT.Pindad, diantaranya Pistol G2 Elite, Pistol G2 Combat, Pistol P3-V1, Silent Mortar(SM) cal.50mm, SG-1 12 Gauge, SPR-3 cal.7,62mm, SPR-2 cal.12,7mm, SM-3 cal.5,56mm, SM2-V2 cal.7,62mm dan SM2-V1 cal.7,62mm serta produk lainnya. Selanjutnya diadakan uji coba persenjataan produk PT.Pindad terbaru yang dilaksanakan para pejabat Makodiklat TNI AD beserta jajarannya.

Latihan yang diikuti oleh 56 personel ini, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personel dalam bidang menembak. Seperti diketahui, kemampuan menembak bagi prajurit adalah hal yang mutlak dimiliki selain kemampuan manuver yang ditandai dengan jasmani yang samapta. Karena bila prajurit tidak memiliki kemahiran dalam menembak, maka ia hanya akan mengantarkan nyawa di daerah operasi, demikian juga bila memiliki kemahiran dalam menembak tanpa diikuti jasmani yang samapta, prajurit tersebut hanya dapat mengusir musuh dari kejauhan. Karenanya diperlukan kedua kemampuan tersebut yaitu manuver dan menembak.

Kegiatan menembak pistol yang dikoordinir oleh Pusdikkav Pussenkav Kodiklat TNI AD, selain diikuti oleh Wadan Kodiklat TNI AD, juga diikuti oleh Para Direktur jajaran Kodiklat, Sekretaris, Inspektur, para Paban, Kabag, serta para Komandan Pusdik jajaran Kodiklat TNI AD diharapkan hasilnya akan terus meningkat karena latihan ini merupakan latihan yang sudah terprogram dan rutin dilaksanakan setiap bulannya.

Selain menggunakan Pistol jenis FN latihan menembak Pistol  kali ini juga menggunakan Pistol terbaru produksi PT.Pindad jenis Pistol G2 dengan sasaran lesan dan lempengan pada jarak tembakan 25 meter.

Senjata buatan PT Pindad ini telah menorehkan prestasi di sejumlah lomba militer internasional. Selain Senapan Serbu (SS) 2, pistol G2 yang mulai dikembangkan pada tahun 2011 juga berhasil menyabet medali emas dalam ajang internasional.

“Tahun 2012 digunakan di Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) dan memenangkan medali emas,” kata Kepala Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Iwan Kusdiana, di PT.Pindad Bandung, Jawa Barat, Rabu 27 agustus 2014.

Pistol G2 ini memiliki dua tipe, yakni Elite kaliber 9×19 mm dan Combat kaliber 9×19 mm. Kedua senjata ini bisa diisi dengan 15 peluru. Jangkauan tembaknya pun juga tak kalah dari pistol buatan negara lain. “Kedua pistol G2 ini bisa efektif menembak hingga jarak 25 meter,” kata Iwan.

Sejak 2001, Iwan menambahkan, pistol G2 ini sudah diproduksi sebanyak 5.000 unit. Namun demikian, saat ini belum banyak yang memesan pistol jenis ini. Pistol ini belum banyak dikenal. “Baru dari TNI AD saja yang memesan,” ujarnya.

Penggunaan jenis senjata pistol produksi PT.Pindad terbaru ini sangat memuaskan para peserta latihan karena perkenaannya yang akurat.

Setelah selesai latihan menembak dilanjutkan dengan penyerahan  cendera mata oleh Dirut PT.Pindad Sudirman Said kepada Wadan Kodiklat yang mewakili Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI Lodewijk F. Paulus. Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar. (pen kodiklat TNI AD)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodiklat TNI AD Laksanakan Latihan Menembak Di PT Pindad