TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1013/Muara Teweh Meningkatkan Ekonomi Prajurit Dengan Menanam Buah NAGA Di Lahan Tidur

By 15 Aug 2014 15:57Kodam XII/Tanjungpura
1013-buah Naga

Dengan bermodalkan pengalaman kita dapat memanfaatkan lahan tidur/kosong untuk pembudidayaan tanaman organik, itu adalah pilihan tepat bagi kita yang ingin memanfaatkan lahan kosong secara maksimal. Tanaman organik merupakan tanaman yang alami dan jauh dari pestisida, secara ekonomis tanaman ini akan membuat kita lebih hemat dan juga sehat.

Oleh karena itu, Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Dwi Maryanto,S,E. memberi arahan dan penekan kepada anggotanya agar gunakan waktu luang disela-sela kesibukan latihan atau dinas dengan memanfaatkan lahan yang ada disekitar kantor atau dipekarangan rumah. Sejalan dengan arahan tersebut kini terlihat lahan-lahan yang dulunya kosong lebih dimanfaatkan anggota.

Kita ketahui bersama dalam pelaksanaannya tanaman organik membutuhkan perlakuan khusus yang benar-benar di sore/malam hari pada saat diluar jam dinas. Kegiatan ini sekaligus ikut berpartisipasi membantu pemerintah daerah dalam mendukung program Komando atas untuk meningkatkan ketahanan pangan Nasional dengan cara menanam, berkebun, pemeliharaan ikan, ikan tambak atau lainya.

Kodim 1013/Mtw bertekad membantu pemerintah dengan memanfaatkan lahan tidak produktif untuk dikelolah menjadi lahan produktif, ini terbukti dengan selesai dikerjakannya lahan berukuran 75m X 25m, dijadikan kebun “BUAH  NAGA”, yang berlokasi diareal belakang kantor Kodim 1013/Mtw yang selama ini tidak difungsikan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud pemanfaatan waktu luang agar tidak sia-sia hilang begitu saja.

Disini tidak menjelaskan bagaimana cara menanam, sudah banyak petunjuk disemua media, kami hanya ingin memberi masukan, memotivasi kepada rekan-rekan di Satkowil-satkowil untuk lebih berperan aktif lagi khususnya satkowil jajaran TNI-AD baik diperkotaan maupun didesa yang memiliki keterbasan lahan/lahan kosong agar dimanfaatkan.

Diharapkan kegiatan semacam ini tidak hanya sebagai hoby akan tetapi merupakan bentuk dan tindakan untuk mendukung ketahanan pangan dalam bentuk berkebun yang dapat dijadikan contoh bagi para Babinsa yang bertugas didesa-desa. selain dapat menyalurkan hoby dan ketrampilan, kegiatan ini dapat membantu kebutuhan bagi keluarga. Authentikasi :Kepala Penerangan Korem 102/Pjg Moyir Chb Son Son Santosa

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1013/Muara Teweh Meningkatkan Ekonomi Prajurit Dengan Menanam Buah NAGA Di Lahan Tidur