TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korda Maluku Melaksanakan Lomba Diskusi Uji Argumen Parade Cinta Tanah Air 2014

By 29 Aug 2014 15:33Kodam XVI/Patimura
PCTA e

Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI bekerjasama dengan Kemendikbud dan Kodam XVI/Pattimura melaksanakan lomba diskusi uji Argumentasi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2014 di Ambon. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Denkav 5/BLC dan diikuti oleh 80 orang peserta yang dibagi 20 Tim dari SMA/SMK/MAN.

Kegiatan lomba PCTA tahun ini dilaksanakan dalam 2 bentuk lomba yaitu lomba diskusi/uji Argumen yang dilaksanakan di Ambon dengan peserta siswa-siswi SMA sederajat dan lomba menulis Artikel bagi Mahasiswa yang dikirim langsung ke panitia pusat hingga 23 september 2014. Peserta lomba Diskusi uji argumen masing-masing sekolah 2 Tim terdiri dari SMAN 1, SMK 4, SMAN 5, SMAN 11, SMAN 12, SMAN 13, SMAN 3 Salahutu, SMKN 1, MAN 1 dan SMA Katika Ambon. Kegiatan ini dibuka oleh Korda Maluku Kolonel Arm Dadan Rusmana, pemenang Lomba PCTA tingkat provinsi akan mewakili Maluku ke tingkat Nasional.

Pada kesempatan itu dalam sambutannya Korda Maluku Kolonel Arm Dadan Rusmana mengharapkan para siswa SLTA dapat menuangkan secara lisan melalui diskusi tentang ide dan gagasan yang komperhensif secara lisan dalam rangka membentuk karakter pemuda yang berwawasan berkebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara negara yang baik. Dikatakan Tema kegiatan ini adalah “Cinta Tanah Air untuk mempertahankan NKRI”sikap bela Negara dan cinta tanah air merupakan nilai karakter Bangsa Indonesia yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Namun nilai-nilai karakter kebangsaan di tengah masyarakat Indonesia saat ini terbukti semakin luntur. Hal ini ditandai dengan maraknya sikap-sikap anomali sosial seperti tawuran pelajar, premanisme dan sikap kurang menghargai budaya asli Indonesia yang kesemuanya itu menunjukkan bahwa pembinaan dan perhatian khusus dibutuhkan dalam pembentukan karakter anak muda saat ini”jelasnya”.

Dalam lomba tersebut bertindak sebagai dewan juri adalah dari Mayor Arm Bob Hendra Mulya (Ster Kodam XVI/Ptm), M. Husein, Msi (Disdikpora Maluku) dan Pati Talaohu Spd (Akademis Universitas Pattimura). (pendam pattimura)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korda Maluku Melaksanakan Lomba Diskusi Uji Argumen Parade Cinta Tanah Air 2014