TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem Kaltara Tunggu Persetujuan Mabes TNI

By 25 Aug 2014 19:20Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Published On: Ming, Agu 24th, 2014, TARAKAN – Sejak Kaltara diresmikan tahun 2012 lalu, keamanan di wilayah perbatasan menjadi isu utama agar mendapat perhatian. Karena itu, Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman mengatakan, upaya dilakukan guna meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan serta perkuat keamanan di Kaltara dengan membentuk Komando Resort Militer (Korem) Kaltara. Hal itu telah masuk dalam usulan diajukan Kodam VI/Mulawarman.

“Kami telah usulkan ke Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD) dan sudah disetujui agar segera dipercepat pembangunan Korem di Kaltara. Nah, proses sekarang sedang meminta persetujuan dari Mabes TNI,” ujar Dicky kepada Koran Kaltara saat kunjungan kerja di Tarakan, belum lama ini.

Dijelaskan, persetujuan dari Mabes TNI merupakan proses penting dalam pembentukan Korem Kaltara, karena menyangkut anggaran yang disiapkan untuk persiapan Korem di provinsi ke-34 di Indonesia itu.

“Jika anggaran sudah disetujui, tahun ini sudah ada anggaran dan tahun depan (2015) kita persiapkan proses awal Korem. Semoga persiapannya bisa dimulai sebelum saya pensiun,” harapnya.

Selain itu, terkait kebijakan menyangkut alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan peralatan penunjang Korem Kaltara akan tercover dalam usulan anggaran dimaksud. Meski diakui, Kodam telah usulkan Korem Kaltara dipersiapkan di Bulungan, tapi seraya menunggu pendirian Korem di Bulungan mendapat persetujuan, lebih awal menyiapkan Korem di Tarakan.

Pertimbangan Korem memilih Tarakan karena telah memiliki komando wilayah yang lengkap. Seperti TNI AD, yaitu Batalyon 613 Raja Alam, Pangkalan Angkatan Laut, Pangkalan Angkatan Udara, Satuan Radar 225 dan Kodim 0907.

“Di Tarakan sudah ada pengendalian komando wilayah, pengendalian intelijen dan batas wilayah. Jadi, untuk menunjang Korem Kaltara, persiapan wilayah Korem harus dekat dengan Kodam di Balikpapan. Nantinya, tak lagi bergantung dari Korem 091/Aji Suryanata (ASN) di Samarinda,” katanya.

Dicky juga menjelaskan, karena Kaltara merupakan daerah perbatasan, sehingga harus dikendalikan secara berkelanjutan dan terus-menerus. Menurutnya, untuk kepentingan Kaltara, perlu segera disiapkan Korem, karena rentang kendali Korem 091/ASN di Samarinda ke Tarakan sangat jauh.

“Makanya dipisahkan antara Kaltara dan Kaltim. Perbatasan itu perlu komando wilayah, maka harus ada Korem di Kaltara agar bisa menunjang keamanan di wilayah perbatasan,” tegasnya.

Disinggung kelayakan Tarakan dan Bulungan untuk dibangun Korem, Pangdam mengungkapkan meski pusat pemerintahan dipusatkan di Bulungan sebagai Ibukota provinsi, namun tak masalah jika di Tarakan berdiri Korem. “Tapi untuk sementara, setelah di Bulungan siap, Korem akan digeser ke Bulungan. Kalau persiapan awal Korem di Tarakan tentu melihat infrastruktur lebih dulu, untuk sementara bisa pinjam kantor di Tarakan,” tambahnya. (saf)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam XII/Tanjungpura Kodam Jaya Berita Satuan Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem Kaltara Tunggu Persetujuan Mabes TNI