TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kunjungan Tim Wasrik Mabes TNI ke Perbatasan RI-PNG

By 22 Aug 2014 00:57Kodam XVII/Cenderawasih
perbatasan-RI-PNG

Tim Pengawas dan Pemeriksa (Wasrik) melaksanakan kunjungan di wilayah Papua yaitu perbatasan RI-PNG dan Pulau Terluar yang bertempat di Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 623/BWU Distrik Muara Tami Kabupaten Keerom, Rabu (20/8).

Tim Wasrik tersebut berjumlah 8 (delapan orang) yang dipimpin oleh Laksmana TNI Rabin Astono W (Irben Itjen TNI) dan didampingi oleh Letkol Inf I Nyoman Sumitra (Irdaben Kasdam XVII/Cenderawasih).
Kunjungan Tim Wasrik bertujuan untuk melihat serta meninjau situasi dan kondisi Pasukan Satgas serta batas wilayah yang ada di perbatasan RI-PNG. Kunjungan ini sangat penting dilakukan, karena untuk memastikan batas wilayah dimana selama ini hanya dibuat patok-patok yang telah ditentukan antara batas-batas wilayah NKRI dengan Papua New Guinea. Patok-patok pembatas ini masih terjaga dengan rapih dan sesuai dengan posisi dan tempat yang seharusnya. Dengan adanya patok-patok perbatasan maka dapat diketahui batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pulau terluar wilayah Papua.

Selain itu, Tim Wasrik juga mengecek keamanan dan personel TNI yang sedang menjalankan tugas untuk menjaga perbatasan RI-PNG. Para personel TNI telah bertugas dengan baik menjaga keamanan di perbatasan. Keamanan di perbatasan lebih diutamakan kerena sering terjadi penyelundupan ilegal dari luar negeri ke dalam Indonesia. Salah satunya adalah penyelundupan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan lain sebagainya. Tetapi penyelundupan tersebut sering dijegal dan digagalkan oleh Satuan Penugasan TNI di perbatasan demi kemajuan pembangunan di Indonesia terutama di Papua.

Untuk itu, Tim Wasrik melakukan kunjungan ke perbatasan karena akan dievaluasi kembali sarana prasarana, situasi dan kondisi patok-patok di perbatasan RI-PNG serta peningkatan kembali apa yang kurang dalam menunjang keamanan wilayah RI-PNG.

Adapun nama-nama rombongan yang turut hadir yaitu Kolonel Inf Carlan Effendi (Irut Intel Itjen TNI/Ketua Tim), Kolonel Laut (S) Agung Sutoyo, S. Sos (Irut Log Itben Itjen TNI), Letkol Caj Drs. Tejo Ashari P (Irdya Lid Itops Itjen TNI), Letkol Cku Drs. I Dewa Nyoman, MM (Irdya Galdum Itum Itjen TNI), Letkol Laut (E) Junaedi, ST (Irdya Latsiaga Itops Itjen TNI), Letkol Cpm Sarimin (Irdya Siapsat Itops Itjen TNI).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kunjungan Tim Wasrik Mabes TNI ke Perbatasan RI-PNG