TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pembukaan Latihan Teknis Teritorial Kodim 0804/Magetan

By 05 Aug 2014 16:30Kodam IV/Diponegoro
DSC_0041web

Binter merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan didayagunakan untuk mengolah Potensi Wilayah yang meliputi Geografi, Demografi maupun Kondisi Sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan negara. Aparat Komando kewilayahan khususnya Kodim 0804/Magetan dituntut mempunyai kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan diantaranya dapat dan memahami lima kemampuan teritorial, dapat dan memahami sikap teritorial, dapat dan memahami metode binter yang menjadi pedoman bagi para Babinsa.

Aparat Teritorial Kodim 0804/Magetan diharapkan mampu memenuhi kemampuan perorangan yang meliputi kemampuan mendapatkan informasi dan melaporkan dengan cepat, kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat di sekitarnnya, kemampuan meningkatkan kesadaran bela Negara kepada masyarakat dan kemampuan penguasaan medan. Untuk itu kepada seluruh anggota kewilayahan inilah saatnya untuk belajar dan berlatih yang baik dan benar-benar diperhatikan dan di mengerti untuk bekal di wilayah kalian. Itulah penggalan amanat yang disampaikan oleh Dandim Kodim 0804/Magetan  Letkol Inf Soelistyo  Bawono  pada acara pembukaan Latihan Teknis Teritorial Kodim 0804/Magetan  Senin (04/8) bertempat di Lapangan Apel Kodim 0804/Magetan, Jl Panglima Sudirman No 42 Magetan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 04 sampai dengan 12 Agustus 2014 yang melibatkan Perwira, Bintara dan Tamtama jajaran Kodim Kodim 0804/Magetan.

Selain itu Dandim 0804/Magetan juga mengingatkan kepada penyelenggara untuk melaksanakan pengawasan yang ketat selama latihan demi meningkatkan kualitas latihan dan memperhatikan keamanan Personel dan Materil. Kodim 0804/Magetan menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) dengan materi Penanganan dan Pencegahan secara Dini Kondisi Sosial yang terjadi di Wilayah Teritorial masing-masing. Sehingga diharapkan setiap prajurit TNI AD dituntut mampu melakukan pembinaan secara Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial yang terus berkembang.

Latihan diikuti sejumlah personil di jajaran Makodim 0804/Magetan sebanyak lebih kurang 235 personil. Pada kesempatan ini pula Dandim menyampaikan Latnister adalah salah satu sarana untuk meningkatkan penguasaan dan ketrampilan Aparat Teritorial secara perorangan agar memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas, baik secara perorangan maupun  kelompok. Dengan pembekalan  tahun ini, maka diharapkan pelaksanaan tugas selama setahun kedepan dapat dilaksanakan secara optimal dan mencapai sasaran yang diinginkan. Memang tugas para prajurit sebagai Aparat Teritorial semakin hari akan semakin berat, khususnya dalam sisi Pembinaan Teritorial yang meliputi pembinaan Geografis, Demografi dan Kondisi Sosial yang terus berkembang serta perubahan yang sangat cepat.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, setiap prajurit harus selalu memelihara dan meningkatkan kemampuannya sebagai modal keberhasilan, bangun kepercayaan diri sehingga tidak ada keraguan dan kesalahan dalam melaksanakan tugas dilapangan. Prajurit Teritorial harus memiliki kemampuan pembinaan yang baik, dan penguasaan pengetahuan serta keterampilan yang merupakan tuntutan dasar, yang harus dikuasai khususnya Babinsa dalam mendukung tugas pokok di Satuan Kewilayahan masing-masing.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kodam XIV Hassanudin Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pembukaan Latihan Teknis Teritorial Kodim 0804/Magetan