TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PERSIAPAN PAM PRESIDEN RI DI WILAYAH PERBATASAN RI-RDTL

By 27 Aug 2014 17:50Kodam IX/Udayana
ridtl

Mayjen TNI Wisnu Bawa Tanaya bersama rombongan diantaranya Asops Kodam IX/Udayana, Asintel Kodam IX/Udayana, Danrem 161/WSI, Danbrigif21/KMD, Dandim 1605/Belu, Danyonif 744,SYB, Dansatgas 742/SWY, Bupati Belu, Kapolres Belu, Dandenpom, dan bersama rombongan pasukan elit pengaman Presiden mengecek kesiapan pasukan dan sterilisasi daerah yang akan dilewati Presiden RI yang akan melaksanakan tatap muka bersama perdana Menteri Timor Leste dalam rangka membahas kerja sama dalam segala bidang yang berlangsung di RDTL.

Pelaksanaan persiapan pengamanan pada bertempat di Kota Atambua Kab. Belu Prov. NTT. Pangdam IX/Udayana berharap agar para prajurit dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan baik dalam penangganan tugas pengamanan Presiden. Para prajurit dan kepolisian sebelum diberangkatkan, telah dibekali berbagai pembekalan-pembekalan dari pasukan pengamanan Presiden terkait tugas dan tanggungjawab baik perorangan maupun dalam hubungan regu. Selain itu, ditekankan mempelajari berbagai situasi dan tehnik tentang pengamanan apabila terjadinya penyerangan kepada Presiden.
Dalam rencana pengamanan, Asops Kodam IX/Udayana menyampaikan agar para Komandan satuan masing-masing menyiapkan prajurit untuk melaksanakan pengamanan berlapis dari ring 1 sampai ring 4 yang di perbantukan pasukan elit pengamanan Presiden yang harus siap, baik dari kesiapan personel, peralatan pengamanan yang harus disesuaikan dengan medan. Danyonif 744/SYB menyiapan prajuritnya melaksanakan pengamanan sepanjang daerah yang akan dilewati Presiden, terbagi dalam pos-pos yang tersebar di wilayah perbatasan.

Sementara itu, Danyonif 744/SYB Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd menyatakan bahwa personel yang diberangkatkan dalam tugas pengamanan Presiden RI sebanyak 1 pleton organik yang telah dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan tempur. Selain itu juga dibekali tentang pengetahuan teknologi komunikasi. (Pendam IX/Udayana)

PERSIAPAN PAM PRESIDEN RI DI WILAYAH PERBATASAN RI-RDTL