TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PRAJURIT KODAM II/SWJ BACK TO BASIC

By 27 Aug 2014 18:36Kodam II/Sriwijaya
DSC_0053

Palembang, (Pendam II/Swj). Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan di bidang pengetahuan maupun ketrampilan militer, serta pemahaman terhadap berbagai peraturan yang berlaku di lingkungan militer, segenap prajurit dan satuan jajaran Kodam II/Swj, setiap bulan minggu ke-IV melaksanakan kegiatan Minggu Militer, seperti yang dilakukan oleh segenap prajurit Kodam II/Swj kemarin (26/8/2014) di lapangan Makodam II/Swj Palembang.

Kegiatan minggu militer ini merupakan salah satu program kerja Kodam II/Swj. Tujuannya adalah agar prajurit dan satuan jajaran Kodam II/Swj back to basic, yakni kembali kepada norma kehidupan prajurit sejati, yakni prajurit yang profesional, militan, berdisiplin, tanggap, tanggon, dan trengginas.

Dalam Minggu Militer ini para prajurit Kodam II/Swj disegarkan kembali dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Peraturan Militer Dasar (Permildas), seperti Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Disiplin Tentara (PDT), Peraturan Dinas Garnizun (PDG), Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD).

Selain itu, prajurit Kodam II/Swj juga melakukan penyegaran terhadap pengetahuan /kemampuan dasar keprajuritan, seperti latihan menembak, melaksanakan ketahanan mars, renang militer, lari jalanan, HTF, pioner dan berbagai kemampuan dasar militer yang mutlak harus dikuasai oleh setiap prajurit.

Menurut Kapendam II/Swj Kolonel Inf Afianto bahwa sebagai alat pertahanan negara, maka prajurit Kodam II/Swj harus profesional dan berdisiplin. Untuk itu, setiap minggu ke-IV seluruh prajurit Kodam II/Swj menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) loreng, dan disegarkan kembali terhadap berbagai peraturan militer dasar yang harus dipedomani dan dilaksanakan, sehingga prajurit akan senantiasa berdisplin dalam melaksanakan tugasnya, serta terhindar dari segala bentuk pelanggaran. Demikian juga terkait dengan penyegaran pengetahuan dan kemampuan dasar militer, agar prajurit tidak lupa dengan kemampuan dasar sebagai militer, sebaliknya akan lebih memahami, menguasai dan mahir dalam bidang tugasnya.

Ditambahkan oleh Kapendam II/Swj bahwa ditengah arus perkembangan teknologi informasi dan tuntutan tugas yang semakin tidak ringan, maka prajurit harus tampil profesional dan berdisiplin serta tidak mudah terpengaruh lingkungan yang dapat menurunkan disiplin dan militansi sebagai prajurit TNI. “Untuk itulah, kegiatan minggu militer di lingkungan TNI AD, termasuk di seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj terus digalakkan dan dioptimalkan, sehingga pada gilirannya akan mampu mengoptimalkan pencapaian tugas pokok Kodam II/Swj”, ujarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PRAJURIT KODAM II/SWJ BACK TO BASIC