TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

RS. Marthen Indey Memberlakukan Kartu Papua Sehat

By 28 Aug 2014 16:55Kodam XVII/Cenderawasih
Rumah Sakit Marthen Indey

Tim Dokter RS. Tk.II Marthen Indey pertama kalinya sukses melakukan operasi terhadap dua pasien Arthoplasty. Operasi Arthoplasty ini sendiri dilakukan, selasa (26/8) mulai pukul 09.00 WIT dengan melibatkan tim dokter dari Rumah Sakit Marthen Indey  termasuk dokter ahli bedah tulang sendi dari Fakultas Kedokteran Universitas Hassanuddin Makassar.

Penyebab gangguan fungsi sendi ini sendiri biasanya disebabkan karena lutut yang mengalami trauma karena kecelakaan atau benturan, termasuk faktor usia dan berat badan yang over. Arthoplasty sendiri adalah prosedur operasi tulang oleh dokter orthopedi dimana permukaan sendi diganti atau diperbaiki menggunakan prosthesis (sendi baru). Ini prosedur yang dilakukan secara berencana untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi akibat kerusakan sendi yang arthritis degeneratif atau trauma patah tulang.Ada kurang lebih 2 (dua) pasien yang melakukan operasi pergantian sendi ini yaitu  Ny. Tince Wapore (63) dan Tn. Hendrik Pallo (54).

Pergantian sendi adalah salah pilihan terapi terbaik untuk memperbaiki patah tulang dan sebagainya. Pada lanjut usia (lansia), nyeri sendi adalah alasan utama pasien datang untuk berobat dan penggantian sendi lutut total atau total knee repleacment. Operasi tersebut guna menghilangkan rasa nyeri sendi arthitis dan memperbaiki fungsi sendi.

RS. TK. II Marthen Indey Jayapura adalah salah satu BadanPelaksana Kodam XVII/Cenderawasih yang menangani masalah kesehatan di wilayah Papua di bawah pengawasan KodamXVII/Cenderawasih dan mempunyai tugas pokok bukan hanya memberikan pelayanan kesehatan bagi semua anggota TNI-AD dan PNS TNI-AD beserta keluarganya saja namun juga bagi anggota TNI-AL, TNI-AU dan PNS beserta keluarganya bahkan masyarakat umum yang memerlukan. RS. Marthen Indey juga melakukan program KPS (Kartu Papua Sehat) yang selama ini juga diberikan khusus untuk masyarakat Papua.

Kepala Rumah Sakit Tk.II Marthen Indey Kolonel Ckm dr. Budiono menyampaikan bahwa kedua pasien ini menggunakan KPS (Kartu Papua Sehat) dimanasemua biaya operasi  dibiayai oleh KPS dan ini bukti bahwa KPS bisa dipakai oleh pasien yang sudah terdaftar  serta kartu ini juga dapat memberi banyak manfaatbagi pasien.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

RS. Marthen Indey Memberlakukan Kartu Papua Sehat