TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP Menggelar Upacara Bendera HUT Ke-69 RI di Kampung Terdepan Tapal Batas RI-PNG

By 22 Aug 2014 21:03Berita Satuan
HUT RI DI PAPUA 3

Dalam rangka memperingati HUT ke-69 RI, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP menggelar kegiatan Upacara Bendera yang dipusatkan di salah satu Kampung terdepan wilayah perbatasan RI-PNG yaitu Kampung Yanggandur, Minggu (17/08)

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP Letkol Inf Abdul Hamid, S.I.P. Jumlah peserta upacara yang mengikuti lebih dari 250 orang yang terdiri dari Anggota Satgas Yonif 320/BP Pos Yanggandur, seluruh Siswa SD dan SMP Yanggandur, Kepala Sekolah SD Yanggandur, Kepala Kampung Yanggandur, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan seluruh komponen masyarakat Kampung Yanggandur. Kegiatan upacara berlangsung dalam suasana yang penuh kesederhanaan namun tetap khidmat dan berjalan lancar. Untuk Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih dilaksanakan oleh Para Siswa SMP yang sebelumnya telah dilatih oleh Anggota Satgas Yonif 320/BP.

Kepala Kampung Yanggandur Bapak Julius Glambu mengatakan, atas nama pribadi dan masyarakat kampung Yanggandur mengucapkan terimakasih atas dipusatkannya pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka HUT ke-69 RI di Kampung Yanggandur dan itu merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami semua. Terlebih lagi sebelumnya Satgas Yonif 320/BP telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan di Kampung Yanggandur dalam rangka memperingati HUT RI ke-69 yang benar-benar bermanfaat bagi kami semua seperti pengobatan massal gratis, penyuluhan hukum dan kesehatan, serta berbagai perlombaan permainan.

Kepala Sekolah SD Yanggandur Bapak Emirikus Renyaan mengatakan bahwa keterlibatan para Siswa SD dalam kegiatan Upacara Bendera HUT ke-69 RI yang diselenggarakan Satgas Yonif 320/BP memberikan nilai yang positif bagi para siswa dan diharapkan mereka semua dapat memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme serta memiliki kebanggaan terlahir sebagai warga negara Indonesia.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP dalam pengarahannya kepada seluruh peserta upacara mengatakan bahwa Indonesia adalah Negara Kesatuan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dan Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, jiwa nasionalisme harus senantiasa tertanan dalam diri setiap warga negara, kita harus bangga dan cinta terhadap Indonesia yang memiliki keragaman Etnis dan budaya sebagai suatu kekayaan bangsa. Oleh karena itu melalui momentum Upacara Bendera dalam rangka HUT ke-69 RI kali ini, Satgas Yonif 320/BP mengajak kepada seluruh masyarakat agar senantiasa ikut ambil bagian dalam mengisi kemerdekaan serta menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di wilayah perbatasan RI-PNG. Negara akan kuat apabila TNI bersama Rakyat terjalin kemanunggalan dan komunikasi yang baik serta saling bekerjasama dalam membangun wilayah perbatasan. Hal tersebut sangat penting dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah perbatasan guna menuju Papua yang lebih baik kedepannya.

(Satgas Yonif 320/BP- Pendam III/Slw)

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP Menggelar Upacara Bendera HUT Ke-69 RI di Kampung Terdepan Tapal Batas RI-PNG