TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi di Makodam XII/Tanjungpura

By 15 Aug 2014 20:19Kodam XII/Tanjungpura
Sos Dok KEP

Kubu Raya – Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI A. Ibrahim Saleh, S.E, diwakili Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono Haryadi, membuka langsung Sosialisasi Doktrin TNI-AD TA.2014, dihadiri Pa Ahli Pangdam, Irdam, para Asisten/Kabalakdam, para Dansat, serta seluruh Perwira Kodam XII/Tpr Se- Garnizun Pontianak. Turut hadir Ketua Sosialisasi Doktrin TNI-AD Kartika Eka Paksi Paban IV Bindok Sopsad dari SUAD Kolonel Inf Ranto Silaban beserta  Sosialisasi berlangsung di aula Makodam XII/Tpr, Rabu, (14/08).  

Sosialisasi Doktrin TNI-AD yang diselenggarakan bertujuan, Menyatukan Pola Pikir, Pola Sikap dan Pola Tindak, sebagai Pedoman dalam Penyelenggaraan Peran, Tugas dan Fungsi TNI-AD dalam memenuhi kebutuhan pengetahuan bagi Lembaga yang  berkepentingan dan Doktrin TNI-AD Kartika Eka Paksi, ajaran yang diyakini adalah kebenarannya dan dipedomani serta diamalkan dalam pembangunan postur TNI-AD yang diwujudkan pada kesiapan operasional dan gelar kekuatan pertahanan matra darat serta pada saat kekuatan matra darat digunakan dalam bentuk pengerahan baik dengan menjalankan fungsi Binter maupun Pertempuran. Pengertian utuh  bahwa “TNI-AD yang kuat senantiasa menjunjung cita-cita yang tinggi, yaitu keluhuran nusa dan bangsa serta keprajuritan sejati yang diwujudkan melalui kesanggupan, kerelaan, dan ketetapan hati setiap prajurit TNI-AD untuk mempertahankan Tanah Air dengan titik darah penghabisan” yang dilandasi keyakinan akan niat dan keinginan luhur dalam membela keadilan suci dan kebenaran murni.

Dalam Amanat Pangdam XII/Tpr yang dibacakan oleh Kasdam Brigjen TNI Aris Martono Haryadi, menyampaikan, Selaku pribadi dan atas nama keluarga besar Kodam XII/Tpr mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Sosialisasi beserta rombongan di Kodam XII/Tpr, disertai harapan kiranya pelaksanaan sosialisasi ini dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Doktrin TNI-AD Kartika Eka Paksi merupakan suatu pedoman, berisikan ajaran yang diyakini kebenarannya, bersifat tidak dogmatis, sesuai perkembangan lingkungan strategis, dilandasi pengalaman sejarah perjuangan yang panjang, dan tetap memegang teguh prinsip perjuangan TNI-AD.

Kegunaan doktrin merupakan pedoman dasar dalam membangun dan mengembangkan postur TNI-AD yang dapat diandalkan sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan kita. Doktrin Kartika Eka Paksi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 8 menjelaskan bahwa TNI-AD melaksanakan tugas TNI matra darat di bidang pertahanan, menjaga keamanan wilayah perbatasan darat dengan negara lain, membangun dan mengembangkan kekuatan matra darat dan memberdayakan wilayah pertahanan di darat.

Pangdam, mengharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga materi yang didapatkan nantinya bisa disampaikan kepada anggota masing-masing. Cermati dan pelajari secara baik materi dan permasalahan yang belum diketahui, sehingga pengetahuan yang berkaitan dengan Doktrin TNI AD tersebut dapat lebih dikembangkan pada berbagai aspek, terutama jika dihadapkan pada konteks permasalahan yang dihadapi dan yang akan datang. Jangan ragu-ragu untuk bertanya apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas, karena jika terdapat masalah yang kurang dipahami, dapat menyebabkan kesulitan tersendiri bagi yang bersangkutan dalam melaksanakan aplikasi diberbagai penugasan. Authentikasi : Mayor Arh MN. Komarudin/ Kasipenum Pendam XII/Tpr.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi di Makodam XII/Tanjungpura