TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Wasrik Itjenad Periksa Kodam Jaya

By 08 Aug 2014 18:36Kodam Jaya
Wasrik

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan selamat datang kepada Irjenad beserta Tim di Makodam Jaya, dalam rangka Wasrik TA 2014, di Satuan jajaran Kodam Jaya. Pada kunjungan Wasrik Itjenad di Kodam Jaya TA 2013 yang lalu telah ditemukan beberapa temuan, yang kemudian temuan tersebut secara keseluruhan sudah dijawab dan dilaporkan ke ItjenadDemikian sambutan yang dibacakan oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Teddy Lhaksamana mewakili Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyono dalam menerima Tim Wasrik Itjenad di Makodam Jaya, Kamis (07/09).

Tim wasrik Itjenad dipimpin oleh Irum Itjenad Brigjen TNI Amrid Salas Kembaren dan Kegiatan ini dihadiri oleh Irdam Jaya Kolonel Inf Syukran Hambali, Pa Ahli, para Asisten, LO AL, LO AU, Komandan Satuan dan Kepala Badan Pelaksana jajaran Kodam Jaya selakuDalakgiat, Waslakgiat dan Kalakgiat yang perlu mendengar penjelasan langsung dari Tim Wasrik Itjenad berkaitan dengan informasi maupun mekanisme Wasrik di Kodam Jaya, agar dapat mempersiapkan satuan yang dipimpin untuk menerima Tim Wasrik Itjenad sehingga  pelaksanaan Wasrik dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Adapun gambaran secara garis besar tentang pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Kodam Jaya TA 2013 dan semester I TA 2014 dalam Bidang Intelijen secara umum sudah dapat dilaksanakan, lebih lanjut dalam Bidang Operasi Pelaksanaan Program Kerja TA 2013 serta TW I dan II TA 2014 Bidang Operasi bila diukur secara kuantitas dapat dilaksanakan 100 %. Dalam Bidang Personel Secara umum program pembinaan tenaga manusia di Kodam Jaya diarahkan untuk mewujudkan kekuatan ideal organisasi, guna mencapai pemantapan sesuai program Komando Atas. Penataan personel diarahkan pada pemenuhan Satuan Operasional Satuan Tempur dan Satuan Bantuan Tempu. Pelaksanaan Werving di Kodam Jaya dilaksanakan dengan baik dan sudah menggunakan sistem komputerisasi, dimana pelaksanaannya mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman hasil pengujian dilaksanakan melalui Website Kodam Jaya.

Lebih lanjut dalam Bidang Logistik Penyelenggaraan pembinaan logistik sampai dengan semester I TA 2014 secara umum telah dapat dilaksanakan sesuai program yang direncanakan meliputi Bangfas, Harbang dan Harmat, serta dukungan BMP. Pengelolaan SIMAK BMN telah dapat dilaksanakan pada TA 2013 dan Semester I TA2014, dengan demikian Kodam Jaya telah berupaya untuk memperbaiki laporan SIMAK BMN sesuai petunjuk Komando Atas, dengan menggunakan aplikasi dari Menkeu, dalam rangka mempertahankan dan memelihara opini BPK RI “Wajar Tanpa Pengecualian” (WTP). Dalam Bidang Teritorial, Program Binter dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI dan Rakyat berdasarkan program dari Komando Atas umumnya dapat dilaksanakan dengan baik, Sehingga untuk meningkatkan pelaksanaan Binter, Kodam Jaya telah memanfaatkan potensi wilayah yang ada guna mendukung pelaksanaan kegiatan Binter. Melaksanakan kegiatan Karya Bhakti yaitu berkoordinasi dengan instansi terkait dan berupaya dengan mengerahkan seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki Kodam Jaya untuk membantu mengatasi permasalahan dalam upaya pembersihan pasca banjir.

Pelaksanaan Anggaran TA2013, sudah berjalan sesuai dengan rencana hingga akhir tahun dan dapat dikatakan tepat waktu serta tersalurkan 100 %.Pada program TA 2014 Kodam Jaya terdapat satu perubahan sasaran pembangunan Rumdis setara Tower 1 unit 6 lantai Yonhubad di Cimanggis menjadi 2 unit 3 lantai. Dalam  Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan, Itdam Jaya TA 2014 di satuan jajaran Kodam Jaya saat ini masih berlangsung, diharapkan temuan Wasrik dapat mendeteksi pelaksanaan program kerja dan anggaran yang tidak sesuai aturan yang berlaku.

Temuan-temuan yang didapat Tim Wasrik Itdam Jaya, oleh Satuan sudah diperbaiki namun berkaitan dengan kebijaksanaan Komando Atas, diharapkan ada masukan dari Tim Wasrik Itjenad untuk memperbaiki pelaksanaan program kerja dan anggaran yang belum sesuai aturan.

Sebelum mengakhiri sambutannya Pangdam Jaya menyampaikan “Kepada Tim Wasrik Itjenad dipersilahkan untuk melaksanakan tugasnya di Staf Umum, Satuan, dan Badan Pelaksana jajaran Kodam Jaya. Selanjutnya kepada para Asisten, Komandan Satuan dan Kepala Badan Pelaksana jajaran Kodam Jaya, saya perintahkan agar menyiapkan data pendukung dan keterangan yang diperlukan oleh Tim Wasrik Itjenad, karena pada dasarnya Tim Wasrik Itjenad adalah mitra kerja”.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Wasrik Itjenad Periksa Kodam Jaya