TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TIRTHA YATRA TNI-AD DI WILAYAH KODAM IX/UDAYANA

By 07 Aug 2014 22:02Kodam IX/Udayana
tirthya yatra

Tirtha Yatra TNI-AD Tahun 2014 dilaksanakan di Wilayah Kodam IX/Udayana khususnya di Provinsi Bali, acara pembukaan dilaksanakan pada Kamis (7/8) bertempat di Pura Agung Jagatnatha Denpasar. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia, Letkol CAJ I Made Sudira,S.Ag.M.Si , menyampaikan bahwa Tirtha Yatra kali ini akan dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai dengan tanggal 9 Agustus 2014, diikuti oleh 40 orang peserta terdiri dari Pamen, Pama, Bintara, PNS dan undangan dari Mabes TNI, kegiatan yang dilaksankan antra lain, Persembahyangan di beberapa pura yang ada di Provinsi Bali, Dharma Wacana, Dharma Tula dan Dharma Sadana, dengan tujuan untuk meningkatkan spiritual peserta.

Selanjutnya Dharma Wacana disampaikan oleh Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya, yang pada intinya mengajak kita semua untuk merealisasikan P5, yaitu Para Semeton maksudnya, kita semua TNI-AD, AL ,AU, POLRI  dan Masyarakat untuk saling senyum, guyub, tidak ada yang saling sikut, saling bekerjasama, selunglung sebayantaka, paras paros sarpanaya, kita harus senyum dengan siapapun, oleh karena itu kita harus mesimakrama, saling mengunjungi, saling kenal satu dengan yang lainnya. Pura, kita rawat Pura-Pura yang ada, jaga keamanannya sehingga tidak ada lagi Pretima-Pretima yang hilang dicuri orang, Kemudian Puri kita ajak berkoordinasi, mohon saran masukannya para sesepuh, Pengelingsir Puri kita, Purana, kita pelajari literature, buku-buku, Lontar-lontar yang ada, aturan-aturan, awig-awig yang ada, Puruhita, kita perhatikan Para Pandita Kita baik kesehatan lahir dan bantinya.

Pada kesempatan yang sama Kadis Bintalad, Brigadir Jenderal TN I Hadi Kusnan, memberikan sambutan yang pada intinya menyampaikan, kegiatan Tirtha Yatra ini adalah merupakan realisasi dari program kerja Disbintalad Tahun anggaran 2014. Bali terpilih sebagai tempat penyelenggaraanTirtha Yatra ini karena Provinsi Bali memeiliki banyak kelebihan antara lain, Bali memiliki Pura-Pura Yang sangat sakral, Bali daerah yang aman, rasa persatun dan kesatuan sangat kuat dan Bali memiliki Pahlawan Nasional seperti Untung Surapati dan I Gusti Ngurah Rai, hal ini sangat cocok dan dapat membangkitkan serta momotifasi peserta untuk dapat meningkatkan spiritualnya dan mendapatkan pencerahan spiritual serta peningkatan moral prajurit. Hal ini sangat selaras dengan tema yang diangkat kali ini yaitu, “Melalui Tirtha Yatra kita tingkatkan Kesadaran dan Kecerdasan Spiritual Guna Menghadapi Tantangan Tugas”. Dan selanjutnya Kadisbintalad manyampaikan  pernyataan pembukaan Tirtha Yatra secara resmi.

Acara pembukaan Tirtha Yatra ini diikuti oleh seluruh peserta, Panitia, Anggota TNI-AD, AL, AU Garnizun Denpasar dan perwakilan Polda Bali yang beragama Hindu, serta  beberapa undangan lainnya. Acara dapat berjalan dengan tertib dan lancar penuh rasa kekeluargaan dan diakhiri dengan foto bersama.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TIRTHA YATRA TNI-AD DI WILAYAH KODAM IX/UDAYANA