TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-69

By 18 Aug 2014 16:57Kodam XVI/Patimura
HUT RI Ke-69 c

“Dengan Semangat Proklamasi 17 agustus 1945, Kita Dukung Sukses Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera”.

Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan kepada kita semua bahwa perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam melawan penindasan dan penjajahan di bumi pertiwi, sebagai bentuk penghormatan, sekaligus penghargaan kita kepada para pahlawan, pejuang dan pendiri Republik, yang telah memberikan segalanya bagi nusa dan bangsa sebagai generasi penerus, mari kita tundukkan kepala sejenak untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan, pejuang dan pendiri Republik ini, seraya terus mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangannya dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

Demikian yang ditegaskan Kasad dalam Amanatnya yang dibacakan Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Juwondo pada saat Upacara Bendera 17 Agustus 2014 sebagai HUT Indonesia yang Ke-69 dan diikuti oleh Militer dan PNS. Bertempat di Lapangan Makodam XVI/Pattimura. Minggu(17/08).

Lebih lanjut, Kasad mengharapkan bahwa suatu peristiwa sejarah yang maha penting bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam mewujudkan diri sebagai sebuah bangsa yang menegara. Peristiwa tersebut, sekaligus mengingatkan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam melawan penindasan dan penjajahan di bumi pertiwi selain itu pelaksanaan upacara 17-an hari ini terasa sangat istimewa, karena bertepatan dengan hari ulang tahun ke-69 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan kita patut bersyukur bahwa setelah 69 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, berbagai kemajuan dan hasil kerja keras dari pembangunan nasional, sudah dapat kita rasakan bersama. Bahkan, saat ini Indonesia telah menjadi salah satu kekuatan perekonomian terbesar dunia yang patut diperhitungkan. Suatu prestasi yang sangat membanggakan dan harus terus kita jaga dan tingkatkan”tegasnya”.

Pada kesempatan itu pula, Kasad mengajak kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI agar terus mencermati situasi dan kondisi bangsa selama 69 tahun kemerdekaan ini, tidak dapat dipungkiri, negara kita masih harus terus berupaya mewujudkan cita-cita nasional, yang diletakkan oleh para pendiri bangsa dalam membangun bangsa agar lebih sejahtera, demokratis dan berkeadilan. Terkait dengan itu, kita patut mengapresiasi dengan telah berlangsungnya rangkaian Pemilu 2014, baik Pileg maupun Pilpres beberapa saat lalu, yang berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Meskipun hasil Pilpres saat ini masih ada gugatan dari salah satu kandidat, kita berharap agar semua tetap berjalan sesuai prosedur hukum dan konstitusi yang ada. Oleh karena itu, mari kita amankan seluruh hasil Pemilu 2014 ini secara benar dan bertanggung jawab, agar suksesi kepemimpinan nasional dapat terwujud dengan baik demi berlangsungnya kesinambungan pembangunan nasional.

Berangkat dari hal tersebut, saya juga ingin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama TNI dan Polri, agar senantiasamenjaga dan menciptakan situasi serta kondisi wilayah yang semakin kondusif. Sebab, hanya dengan kondisi wilayah yang kondusiflah pembangunan di daerah akan berlangsung dengan lancar, yang muaranya akan berhasil menyejahterakan rakyat, sesuai dengan tema peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan kali ini, yaitu “Dengan Semangat Proklamasi 17 agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera”.

Di akhir Amanatnya mantan Pangkostrad ini juga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1435 Hijriah, kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AD,  Minal Aidzin Wal Faidzin,  Mohon Maaf Lahir dan Bathin, disertai harapan semoga dengan Idul Fitri ini, kita benar-benar kembali kepada fitrahnya sebagai insan yang telah terbebas dari belenggu dosa.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-69