TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upacara Tujuh Belasan Yang Istimewa

By 18 Aug 2014 16:33Akademi Militer
CDR_5672

Lembah Tidar (17/08). Pelaksanaan upacara 17-an hari ini terasa sangat istimewa, karena bertepatan dengan hari ulang tahun ke-69 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Suatu peristiwa sejarah yang maha penting bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam mewujudkan diri sebagai sebuah bangsa yang menegara. Peristiwa tersebut, sekaligus mengingatkan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam melawan penindasan dan penjajahan di bumi pertiwi.

Upacara yang berjalan dengan khidmat, tertib dan lancar dilaksanakan di Lapangan Pancasila Akademi Militer. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Sumedy, S.E., M.M. dan diikuti para Pejabat Distribusi Akmil, seluruh organik Akmil baik Militer maupun PNS serta Taruna Akmil.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Akmil, bahwa upacara ini sebagai bentuk penghormatan, sekaligus penghargaan kepada para pahlawan, pejuang dan pendiri Republik, yang telah memberikan segalanya bagi nusa dan bangsa. Sebagai generasi penerus, marilah tundukkan kepala sejenak untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan, pejuang dan pendiri republik ini, seraya terus mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangannya dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

Patut disyukuri bahwa setelah 69 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, berbagai kemajuan dan hasil kerja keras dari pembangunan nasional, sudah dapat dirasakan bersama. Bahkan, saat ini Indonesia telah menjadi salah satu kekuatan perekonomian terbesar dunia yang patut diperhitungkan. Suatu prestasi yang sangat membanggakan dan harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Dengan mencermati situasi dan kondisi bangsa selama 69 tahun kemerdekaan ini, tidak dapat dipungkiri, negara Indonesia masih harus terus berupaya mewujudkan cita-cita nasional, yang diletakkan oleh para pendiri bangsa dalam membangun bangsa agar lebih sejahtera, demokratis dan berkeadilan.

Terkait dengan itu, kita patut mengapresiasi dengan telah berlangsungnya rangkaian Pemilu 2014, baik Pileg maupun Pilpres beberapa saat lalu, yang berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Meskipun hasil Pilpres saat ini masih ada gugatan dari salah satu kandidat, kita berharap agar semua tetap berjalan sesuai prosedur hukum dan konstitusi yang ada. Oleh karena itu, mari kita amankan seluruh hasil Pemilu 2014 ini secara benar dan bertanggung jawab, agar suksesi kepemimpinan nasional dapat terwujud dengan baik demi berlangsungnya kesinambungan pembangunan nasional.

Berangkat dari hal tersebut, saya juga ingin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama TNI dan Polri, agar senantiasa menjaga dan menciptakan situasi serta kondisi wilayah yang semakin kondusif. Sebab, hanya dengan kondisi wilayah yang kondusiflah pembangunan di daerah akan berlangsung dengan lancar, yang muaranya akan berhasil menyejahterakan rakyat.

Kesungguhan kita dalam membangun bangsa untuk menjadi lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera, juga dapat dimaknai sebagai wujud nyata penghormatan dan penghargaan kita kepada para pahlawan kusuma bangsa yang telah mempersembahkan jiwa dan raganya kepada persada ibu pertiwi ini.

Sebagai pengawal dan benteng negara, sebagai pandu ibu pertiwi, sebagai bhayangkari negara, dan sebagai patriot dan kesatria bangsa, prajurit-prajurit TNI AD dimana pun berada dan bertugas, harus memegang teguh komitmen untuk menjaga stabilitas pertahanan dan keamanan nasional bersama aparat keamanan dan masyarakat lainnya. Komitmen tersebut harus dilandasi dengan tekad ”berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas”.

Tugas konstitusional untuk mempertahankan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman, merupakan tugas yang mulia, tugas yang harus didukung oleh seluruh komponen bangsa.

Seluruh embanan dan tuntutan tugas tersebut, sungguh sangat sejalan dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan kali ini, yaitu “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera”.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Tujuh Belasan Yang Istimewa