TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Utusan Khusus Presiden RI Ikuti Pelatihan Pencerah Nusantara di Akmil

By 15 Aug 2014 16:10Akademi Militer
akmil

Lembah Tidar (13/08). Sebanyak 35 orang Utusan Khusus Presiden RI mengikuti Pelatihan Pencerah Nusantara di Akademi Militer. Pelatihan tersebut rencana akan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 13 Agustus sampai dengan 17 Agustus 2014. Para Utusan Khusus Presiden RI itu didampingi oleh Koordinator Pengembangan Program Utusan Khusus Presiden RI Bapak Asnoer Laagu, S.T. beserta empat orang pendamping. Sebelum melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Pelatihan dilaksanakan Upacara pembukaan yang digelar di GOR Soedarto Akmil dengan Inspektur Upacara Direktur Pembinaan Lembaga (Dirbinlem) Akmil Kolonel Czi Mochamad Effendi, S.E.

Dalam sambutan Gubernur Akmil Mayjen TNI Sumardi yang dibacakan oleh Dirbinlem mengatakan bahwa, Pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan beberapa hari di Akmil akan diisi dengan berbagai  kegiatan  pembinaan, baik fisik maupun non fisik untuk menempa dan menggembleng mental dan fisik para peserta Pelatihan sebagai bagian dari upaya pembekalan SDM yang tidak saja profesional dibidangnya, akan tetapi juga mempunyai nilai tambah (added value), sehingga mampu untuk melaksanakan tugas mulia di berbagai pelosok tanah air, khususnya daerah-daerah perbatasan, terisolir dan pulau terdepan nantinya.

Selama pelatihan ini, para peserta akan diberi materi pelajaran baik teori maupun praktik di lapangan, antara lain Pembentukan Karakter, Psikologi Kepemimpinan, Pembentukan Sikap, Wawasan kebangsaan, Outbond, Caraka Malam dan lain-lain, yang kesemuanya itu sangat bermanfaat sekali untuk membentuk mental, kepemimpinan, ketahanan fisik, serta rasa nasionalisme yang tinggi guna mendukung keberhasilan tugas dan misi yang akan diemban di medan tugas yang sebenarnya.

Dengan profesionalisme yang tinggi dipadukan dengan nilai tambah tersebut akan dapat meningkatkan rasa percaya diri, sikap pantang menyerah dan keberanian serta disiplin yang tinggi, sehingga para Utusan Khusus Presiden RI mampu melaksanakan tugas mulia yang cukup berat tersebut dengan penuh keikhlasan, ketulusan serta tanggung jawab.

“Mengingat tugas yang akan saudara-saudari emban cukup berat, maka sangat diperlukan sekali nilai tambah (added value) tersebut, yang meliputi kebugaran fisik, kesehatan yang prima, kejuangan dan disiplin yang tinggi, serta mental kepribadian yang tangguh”, ungkap Dirbinlem Akmil.

Melihat latar belakang pendidikan para peserta Pelatihan Pencerah Nusantara adalah kesehatan, maka dengan tekad yang kuat dan komitmen para peserta yakin akan mampu untuk menerima segala muatan materi pembekalan, meskipun waktu penyelenggaraan pelatihan yang tersedia sangat terbatas. Kesempatan untuk mengikuti program pelatihan pencerah nusantara merupakan peluang yang sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, para peserta pelatihan harus memiliki rasa bangga, semangat dan motivasi yang tinggi untuk mengikuti program pelatihan dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia bidang kesehatan yang handal dan militan dalam menyelesaikan setiap tugas. Kepala Penhumas, Letkol Caj Drs. Suprayitno, M.Ed.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Utusan Khusus Presiden RI Ikuti Pelatihan Pencerah Nusantara di Akmil