TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Akmil Gelar Pekan Bakti TNI di Desa Bondowoso

By 11 Sep 2014 17:21AKMIL
AMN_2828

LembahTidar (10/9). Dalam rangka Pekan Bakti TNI Triwulan III Akademi Militer menggelar penyuluhan kesehatan dan pengecoran jalan di Desa Bondowoso, Mertoyudan, Magelang. Penyuluhan kesehatan dengan tema HIV/AIDS yang dibawakan oleh Kapten Ckm Subino dan Serma M. Arif Taruna dari kesatuan Kesehatan Akmil dilaksanakan di Balai Desa Bondowoso.

“HIV merupakan virus penyebab AIDS, apabila kita tertular HIV maka daya tahan tubuh dapat menurun sehingga mudah terkena berbagai penyakit dan mengganggu kualitas hidup. AIDS adalah sekumpulan dari beberapa gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat virus HIV dan AIDS dapat menyebabkan kematian”, ujar Kapten Ckm Subino.

Siapa pun dapat beresiko tertular HIV, apabila sering berganti-ganti pasangan. Selain itu menggunakan jarum suntik secara bergantian juga dapat tertular HIV. HIV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi HIV kepada bayinya melalui proses persalinan dan saat menyusui. Pencegahanya dengan cara tidak melakukan seks bebas, bersikap saling setia dengan pasangan dan dapat dicegah dengan memakai alat kontrasepsi serta hindari penggunaan jarum suntik secara bergantian. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini.

“Untuk mengetahui apakah kita tertular atau tidak virus HIV yaitu dengan melakukan tes HIV di klinik atau rumah sakit terdekat. Bila menyadari perilaku kita beresiko, melakukan tes HIV adalah tindakan yang bertanggung jawab, bijaksana dan tepat. Orang HIV positif tidak bisa dilihat dari penampilan fisiknya. Ajak pasangan untuk melakukan tes HIV juga”, pesan Kaurkesprevum/Gizi kesehatan Akmil.

Selain penyuluhan kesehatan Akmil juga melaksanakan pengecoran jalan yang menghubungkan Dusun Gedongan Lor Desa Bondowoso dengan Kampung Brajan Danurojo Magelang. Pengecoran jalan yang berjarak 200 meter dan lebar 2 meter dilaksanakan dalam waktu satu hari oleh TNI, POLRI dan masyarakat bondowoso secara bergotong royong. Akmil memberikan bantuan semen dan pasir. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembersihan jalan berjarak 200 meter. Personil TNI dari Akmil kurang lebih berjumlah 200 orang, TNI dari Koramil Mertoyudan 15 orang, Polri dari Polsek Mertoyudan berjumlah 15 orang dan masyarakat Mertoyudan sekitar 100 orang.

Diakhir kegiatan Pekan Bakti TNI Kepala Desa Bondowoso Bapak Agus Romadhon mengucapkan banyak terimakasih kepada Akademi Militer dan seluruh masyarakat yang ikut berpartisipasi atas terselenggaranya penyuluhan HIV/AIDS dan kegiatan pengecoran jalan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Desa Bondowoso sehingga jalan yang menghubungkan antara Dusun Gedongan Lor dengan kampung Brajan Danurojo dapat terwujud saat ini. Authentifikasi : Kepala Penhumas, Letnan Kolonel Caj Drs. Suprayitno, M.Ed.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Akmil Gelar Pekan Bakti TNI di Desa Bondowoso