TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

ATASI DAMPAK KEKERINGAN TNI – MASYARAKAT BENDUNG KALI ARUS GUNA SELAMATKAN LAHAN PERSAWAHAN

By 29 Sep 2014 00:16Kodam IV/Diponegoro
DSC01540

Musim kemarau yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia saat ini sangat berdampak pada kehidupan para petani karena banyak diantara tanaman mereka yang mati dan bahkan terancam gagal panen (puso) akibat ketidaktersediaan air. Demikian pula halnya yang dialami oleh para petani di Ds. Amongrogo Kec. Limpung Kab. Batang, dimana sekitar + 50 Ha tanaman padi dan palawija mereka terancam gagal panen akibat musim kemarau yang berkepanjangan ini.

Untuk mengatasi hal tersebut jajaran TNI, Polri dan unsur Kecamatan Limpung hari Minggu (28/09/2014) terjun langsung ke lapangan bahu-membahu bersama masyarakat Ds.Amongrogo membuat bendungan dan saluran irigasi darurat disekitaran aliran Kali Arus Ds.Ngaliyan yang berjarak + 1,5 Km dari lokasi persawahan. Dengan dibuatnya bendung dan saluran irigasi sementara ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan warga masyarakat khususnya para petani diwilayah Ds. Amongrogo dalam hal mendapatkan air untuk mengairi sawahnya secara bergiliran agar terhindar dari dampak kekeringan saat ini, demikian disampaikan Camat Limpung Drs. Supriyono, M.Si disela-sela kegiatan karya bahkti tersebut.

Masyarakat sangat antusias dan menyambut baik dilaksanakannya kegiatan kaya bhakti ini, mereka berharap agar bendung dan saluran irigasi sementara yang sudah dibuat ini nantinya dapat dibangun secara permanen agar dimusim kemarau yang akan datang warga tidak lagi mengalami kesulitan serupa dalam mengairi sawahnya. “Kami berharap agar disela-sela kesibukannya, Bapak Bupati Batang dapat berkunjung dan meninjau secara langsung hasil dari karya bahkti TNI bersama Masyarakat Ds. Amongrogo ini, untuk nantinya dapat ditindaklanjuti dengan program pembangunan bendungan dan pembuatan saluran irigasi permanen menuju sawah kami”, ujar Mudiharso salah satu petani penggarap sawah di Ds.Amongrogo.

Kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan satu hari ini diikuti oleh + 200 orang terdiri dari prajurit TNI jajaran Koramil 02/Limpung, Polsek, Camat beserta Staf Kecamatan Limpung dan jajaran perangkat beserta masyarakat Ds. Amongrgo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

ATASI DAMPAK KEKERINGAN TNI - MASYARAKAT BENDUNG KALI ARUS GUNA SELAMATKAN LAHAN PERSAWAHAN