TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Character Building Bagi Generasi Muda Di Wilayah Perbatasan RI-PNG

By 23 Sep 2014 15:16Kodam III/Siliwangi
CB 6 JPG

“Generasi muda adalah penentu kemajuan dan kemandirian bangsa serta sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia di masa depan”, ungkapan tersebut yang melatarbelakangi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP menyelenggarakan kegiatan Character Building sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan karakter generasi muda yang ada di wilayah perbatasan.

Kegiatan character building dilaksanakan mulai tanggal 5 s.d 19 September 2014. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di beberapa sekolah antara lain SMK Negeri 1 Elikobel, SMP Negeri 3 Muting, SMP Negeri Erambu, SMP YPK Tomer dengan melibatkan 340 orang siswa.

Materi yang diberikan antara lain mengenai Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan, Motivasi, Budi Pekerti, Kesadaran Hukum, Pola Hidup Sehat, Kenakalan Remaja, Bahaya Merokok, Narkoba, Minuman Keras, disamping itu kegiatan praktek berupa Pelatihan Baris Berbaris, Permainan yang dilaksanakan secara berkelompok (team work), serta Pemutaran film yang bersifat memberikan inspirasi dan motivasi yaitu film perjuangan, dan film penerimaan serta pendidikan Taruna Akmil. Adapun sebagai pengisi materi antara lain Dansatgas Yonif 320/BP Letkol Inf Abdul Hamid, S.I.P., Pasiops Lettu Inf Surianto, Pasiter Kapten Inf Maurits T., Pakum Kapten Chk Hariman Indragiri, S.H., dr. Ghanda Wibowo, dan sebagai Koordinator tim peraga Kapten Inf A.H.Mulyana.

Kepala Sekolah SMKN 1 Elikobel Bapak Alexander Tuxon, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan Character Building yang diselenggarakan sangat bermanfaat bagi seluruh siswa didiknya dan beliau berharap agar kegiatan tersebut dapat dilanjutkan oleh Satgas selanjutnya terutama pada saat dilaksanakan Masa Orientasi Sekolah. Kepala Sekolah SMPN 3 Muting Bapak Markus Rante Allo mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan character building diharapkan seluruh siswa didiknya dapat termotivasi untuk bersikap dan berprilaku lebih positif. Kepala Sekolah SMP YPK Tomer Bapak Markus Tipawael, S.Pd., memberikan apresiasi yang tinggi atas diselenggarakannya kegiatan character building oleh Satgas Yonif 320/BP dan beliau berharap semoga dapat membawa perubahan terhadap sikap maupun prilaku siswa didiknya menjadi lebih disiplin dan lebih baik. Kepala Sekolah SMPN Erambu Bapak Budi S. Wahono, S.Sos., S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan character building sangat positif dan beliau berharap seluruh siswa didiknya dapat mengimplementasikan materi yang diberikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi generasi muda yang berkarakter baik di masa mendatang.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 320/BP Letkol Inf Abdul Hamid, S.I.P., mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan character building adalah untuk membentuk generasi muda di wilayah perbatasan yang berkarakter, berkepribadian, berakhlak mulia, kreatif, inovatif, jujur, cerdas, dan berprestasi. Di samping itu melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membentuk mental mereka sehingga memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan semangat untuk melanjutkan pendidikan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi serta semangat untuk mengembangkan kreatifitasnya dan memiliki kemauan untuk merubah dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dan produktif. Dansatgas menambahkan bahwa generasi muda yang berkarakter kuat dan berintegritas akan memperkuat ketahanan bangsa dan kegiatan character building yang dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kepedulian Satgas Yonif 320/BP dalam mewujudkan pembangunan karakter bangsa dan generasi muda Papua khususnya yang berada di wilayah perbatasan agar dapat memanfaatkan potensi yang ada dalam diri mereka sehingga dapat lebih maju dan lebih baik karena maju mundurnya Papua di masa mendatang ada di tangan mereka selaku generasi muda. (Satgas Yonif 320/BP-Pendam III/Slw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Character Building Bagi Generasi Muda Di Wilayah Perbatasan RI-PNG