TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0716/Demak bersama Babinsa turun ke lapangan buat Lubang Resapan Biopori (LRB)

By 12 Sep 2014 04:13Kodam IV/Diponegoro
1109201404

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto didampingi Perwira Seksi Teritorial Kodim 0716/Demak Kapten Kav Karmadi bersama Babinsa, turun ke lapangan membuat Lubang Resapan Biopori (LRB) di halaman Kodim 0716/Demak. Rabu (10/09).

Targetnya mencapai sebanyak 25 ribu LRB, di sejumlah hamparan lahan di seluruh Kabupaten Demak. Masing-masing Babinsa atau desa binaannya ditargetkan 100 lubang. Jumlah Desa yang ada di Kabupaten Demak ada 249 Desa dan Koramil ada 14 Koramil.

Pembuatan LRB ini, dilakukan dengan memakai linggis dan alat bor tanah, untuk membuat lubang pada permukaan tanah berdiameter 10 sampai 30 sentimeter, dengan kedalaman satu meter. Pada lubang LRB, kemudian dipasangi pipa pralon atau bumbung bambu. Selanjutnya, pada lubang pipa pralon atau lubang bumbung yang dipasang dengan format vertikal tersebut, diisi dengan sampah organik dan ditutup saringan.

Fungsi pemasangan tutup saringan di permukaannya, diharapkan berfungsi untuk mengamankan rongga liang LRB agar tidak tertutup tanah. Karena rongga tersebut difungsikan sebagai resapan air hujan yang biasanya melimpah di lapis tanah permukaan. Manfaatnya, supaya limpahan air hujan dapat meresap ke dalam tanah, demi menghindarkan ancaman terjadinya bahaya banjir.

Dengan LRB ini, diharapkan juga dapat untuk mengurangi terjadinya erosi tanah permukaan, yang itu dapat memicu terjadinya bencana tanah longsor. Di sisi lain, melalui LRB ini dapat difungsikan untuk memperkaya kandungan air dalam tanah dan memperkuat resapan pada sumber-sumber mata air, yang keberadaannya sangat dibutuhkan untuk kehidupan warga masyarakat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 0716/Demak bersama Babinsa turun ke lapangan buat Lubang Resapan Biopori (LRB)