TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrindam Jaya Buka Diklat Bela Negara Bagi Menwa Jayakarta

By 15 Sep 2014 22:32Kodam Jaya
menwa

Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Markas komando Menwa bertempat diperguruan tinggi yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan dasar militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya. Anggota menwa (wira) disetiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung dibawah rektorat.

Komandan Rindam Jaya Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto memimpin Pembukaan Pendidikan dan Latihan Bela Negara Bagi Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta TA. 2014. Bertempat di Lapangan Chandradimuka Rindam Jaya, Jl Raya Condet Jakarta Timur. Selasa (09/09).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Rindam Jaya, Para Kabag jajaran Rindam Jaya, Para Dansatdik jajaran Rindam Jaya, Dandenma Rindam Jaya, Komandan Menwa Jayakarta, serta para peserta didik yang seluruhnya berjumlah 284 orang terdiri dari 184 (L) dan 100 (P). Adapun Materi yang dilatihkan kepada peserta diantaranya Peraturan baris berbaris, Peraturan penghormatan militer, Dasar Bela Negara, Peraturan urusan dinas dalam, Pengetahuan senjata ringan dan Tekhnik pertempuran dasar.

Dalam amanatnya Danrindam Jaya menyampaikan Ucapan selamat datang kepada para peserta didik yang akan mengikuti pendidikan selama 12 hari. “Setiap warga negara baik sipil maupun militer mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menjaga keutuhan NKRI. Pendidikan dan pelatihan Bela Negara ini merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi Resimen Mahasiswa sebagai komponen pendukung pertahanan Negara” Tegas Danrindam Jaya.

Pendidikan dan pelatihan ini bukanlah suatu upaya “ militerisasi” terhadap masyarakat sipil, tetapi pada dasarnya pendidikan ini untuk mengarahkan dalam bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang bersifat keprajuritan dalam bentuk pengenalan disiplin, pembentukan mental dan fisik serta memupuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air, diakhir amanatnya. Danrindam juga menekankan kepada pelatih dan pembina agar senantiasa mengutamakan faktor keamanan baik personel maupun materil dalam setiap kegiatan. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Mukhtar S.I.P

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrindam Jaya Buka Diklat Bela Negara Bagi Menwa Jayakarta