TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DI SELA- SELA LATIHAN PRAJURIT KOSTRAD MELAKSANAKAN BINTER DAN KARYA BHAKTI DI DAERAH LATIHAN CIBENDA

By 19 Sep 2014 17:12Kostrad
BINTER KOSTRAD 16-9-14.jpg 3

Sekitar 300 siswa SD serta masyarakat di kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi mendapat kesempatan langka menyaksikan bahkan berkeliling naik kendaraan tempur TNI AD (17/9). Secara bergantian mereka diajak ‘’jalan-jalan’’ merasakan naik di 4 Panser Anoa yang dikawal prajurit bersenjata lengkap, Sambil menunggu giliran, para siswa dan warga juga berkesempatan untuk naik dan berfoto di depan Tank Scorpion dan Tank Stormer yang dipajang di lapangan depan SDN Ciracap I. Kegiatan ini merupakan operasi teritorial yang menjadi salah satu bagian dari rangkaian latihan tempur tingkat Brigade yang di laksanakan oleh satuan BTP Brigif L 17/ Kujang Divisi Infanteri 1 Kostrad yang berlangsung di pusat latihan tempur Kostrad di kawasan Cibenda sejak senin 14/9/2014.

Menurut Komandan Brigade Infanteri (brigif) 17/Linud Kostrad, Letkol Inf Christian Tehuteru, kegiatan pembinaan teritorial merupakan fungsi utama TNI AD selain fungsi perang. Sehingga disetiap kegiatan latihan, akan selalu ada operasi territorial agar kehadiran dan keberadaan prajurit TNI bisa di rasakan sekaligus bermanfaat bagi masyarakat.

‘’Peralatan tempur seperti Tank dan Panser ini akan di beli dari uang rakyat, sehingga rakyat juga berhak merasakannya. Dan latihan ini juga sekaligus menjadi bentuk pertanggung jawaban TNI terhadap rakyat,’’,kata Letkol Inf Christian Tehuteru. Selain ‘’Joy ride” naik Panser, kegiatan territorial yang dilakukan antara lain perbaikan masjid Al Hidayah di desa Ciracap, mendatangkan ‘’ Mobil Pintar ” atau perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah, pembersihan sarana lingkungan umum serta pengobatan gratis.

“Kita latihan disini kan bukan sekali ini aja, tapi akan sering kali. Jadi kita akan berbuat yang bisa meninggalkan kesan positif bagi masyarakat yang sudah menerima kita dengan tangan terbuka. Apalagi TNI kan tentara rakyat yang lahir dan besar bersama rakyat’’, jelas Letkol Inf. Christian Tehuteru. Latihan Brigade Tim Pertempuran (BTP) Divif 1 Kostrad ini dilakukan oleh Brigif 17/Linud dan melibatkan sekitar 2700 personel.

DI SELA- SELA LATIHAN PRAJURIT KOSTRAD MELAKSANAKAN BINTER DAN KARYA BHAKTI DI DAERAH LATIHAN CIBENDA