TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KABUPATEN BANYUASIN AKAN MEMILIKI KODIM

By 04 Sep 2014 17:50Kodam II/Sriwijaya
DSC_0086

Palembang, Kabupaten Banyuasin direncanakan akan memiliki Kodim sendiri. Rencana pembentukan Kodim di Banyuasin – Provinsi Sumsel ini, Rabu (3/09/2014) kemarin dipaparkan oleh Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian , SH dihadapan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo dan para pejabat teras jajaran Kodam II/Swj di Ruang Gatot Subroto Makodam II/Swj Palembang.

Yan Anton Ferdian, SH dalam paparannya mengatakan bahwa Kabupaten Banyuasin merupakan lumbung pangan penghasil beras terbesar di Provinsi Sumatera Selatan, yang mampu menghasilkan 900 ribu Ton beras/tahun serta menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Banyuasin.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pembangunan di Banyuasin tetap memfokuskan pada bidang pertanian. Dalam waktu dekat Kabupaten Banyuasin akan melakukan percepatan ekonomi khusus, terutama untuk ekonomi keluarga. Untuk itu, Bupati Yan Anton Ferdian , SH minta dukungan dari pihak Kodam II/Swj untuk membentuk Kodim baru di Kabupaten Banyuasin.

Alasan pembentukan Kodim baru ini menurut Yan Anton Ferdian , SH karena luasnya wilayah Kabupaten Banyuasin yang mencapai 11.832.99 km, yang meliputi 19 kecamatan dengan jumlah penduduk 782.220 orang. Selain itu, wilayah Kabupaten Banyuasin secara tofografi juga berat dengan keberagaman penduduk yang cukup besar dan sumber daya alam yang melimpah. Kabupaten Banyuasin juga merupakan kawasan strategis dan menjadi daerah transit di wilayah Sumatera Selatan, sehingga sangat membutuhkan keberadaan Komando Kewilayahan dalam rangka melakukan pengawasan dan pengamanan yang lebih intensif.

“Beberapa hal inilah yang melatarbelakangi Kab. Banyuasin membutuhkan dibentuknya Kodim tersendiri, yang selama ini masih berada di bawah kendali Kodim 0401/Muba Korem 044/Gapo”, terangnya.

Menanggapi paparan dan usulan pembentukan Kodim baru di Kabupaten Banyuasin, Pangdam II/Swj menyambut positif usulan tersebut. Menurut Pangdam II/Swj, pembentukan Kodim baru di daerah Banyuasin diharapkan akan dapat meningkatkan keamanan wilayah Kabupaten Banyuasin yang terbilang cukup luas, terlebih dihadapkan kemungkinan hakekat ancaman yang dihadapi, mengingat pembangunan di daerah Banyuasin semakin besar dan berkembang secara pesat, serta memiliki pelabuhan terbesar di Sumsel yaitu Pelabuhan Tanjung Siapi-Api. Bahkan prediksi Pangdam II/Swj, Kabupaten Banyuasin dapat menjadi kabupaten yang besar dan tidak kalah dengan Singapura.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KABUPATEN BANYUASIN AKAN MEMILIKI KODIM