TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam XII/Tanjungpura Melantik 133 Orang Prajurit Baru

By 16 Sep 2014 16:37Kodam XII/Tanjungpura
Kas-lantik Cata

Singkawang – Kepala Staf Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono Haryadi mewakili Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI A. Ibrahim Saleh SE, melantik 133 orang Prajurit baru serta upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama PK TNI AD Gel I Tahap I  TA. 2014 di lapangan Makorindam XII/Tpr, Sabtu (13/9).

Pada acara tersebut Kasdam XII/Tpr didampingi para Asisten , LO AL, LO AU, dan para Kabalak Kodam XII/Tpr, dihadiri Danrindam XII/Tpr, para Dansat jajaran Garnisun Singkawang, Walikota Singkawang, Para Pejabat Forkopimda Kota Singkawang, Tokoh Masyarakat Singkawang dan para undangan. Upacara juga dihadiri para orang tua sanak saudara keluarga Siswa Secata PK TNI AD yang antusias untuk melihat anak-anaknya dilantik serta masyarakat sekitar yang datang untuk menyempatkan diri untuk melihat acara penutupan pelantikan tersebut.

Dalam amanatnya Pangdam XII/Tpr yang dibacakan oleh Kasdam Brigjen TNI Aris Martono Haryadi menyampaikan, selaku Panglima Kodam XII/Tpr dan pribadi, dengan rasa bangga saya mengucapkan “Selamat” kepada para Tamtama sekalian atas keberhasilannya dalam menyelesaikan Pendidikan Tahap I, disertai harapan  agar  keberhasilan  yang  telah dicapai daapat menjadi motivasi. Selama 20 minggu (5 bulan) para Tamtama telah di Didik dengan berbagai ilmu pengetahuan tentang Militer Umum, Teknik dan Taktik Militer, Pengetahuan Hukum serta perundang-undangan, juga bidang keterampilan yang berhubungan dengan Kemiliteran dan bidang teritorial. Semuanya itu bertujuan agar para Tamtama memiliki integritas kepribadian sebagai Tamtama yang nantinya akan melaksanakan tugas pengabdian kepada Negara dan Bangsa.

Dalam Penutupan tersebut para Tamtama  diambil sumpahnya menurut agama dan kepercayaannya masing-masing dan peristiwa semacam itu memiliki makna dan nilai yang sangat Religius dan penting serta bersejarah bagi para Tamtama baru. Pengambilan sumpah ini mutlak dilaksanakan, karena selain diatur dalam UU TNI NO 34 Tahun 2004, juga mengandung makna pengakuan Negara terhadap  seorang Prajurit TNI Angkatan Darat. Penyumpahan tersebut juga mengandung kewajiban bagi seorang Prajurit untuk setia secara lahir dan batin kepada NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta ketaatan pada  norma hukum  yang  berlaku serta menjunjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Pangdam berharap, makna yang tersirat maupun yang tersurat dalam Sumpah Prajurit yang baru di ucapkan, dapat dipegang teguh dan dijadikan sebagai salah satu landasan moral dalam menjalankan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara yang kita cintai ini serta wujudkan secara nyata, bahwa kalian sebagai Prajurit harus mampu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Jadilah seorang Prajurit yang berjiwa kesatria, jujur, bermental baja serta dapat diandalkan sebagai Bhayangkari Negara  dan  Bangsa serta mampu menghadapi semua tugas yang dibebankan kepada kalian secara ikhlas dengan senantiasa dilandasi mental kejuangan yang tinggi, (ungkapnya). Authentikasi : Kasi Pensat Penerangan Kodam XII/Tpr Mayor Arm Muskardi A.Md

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam XII/Tanjungpura Melantik 133 Orang Prajurit Baru