TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasrem 081/DSJ Membuka Latihan Posko I Kodim Madiun

By 10 Sep 2014 20:01Kodam V/Brawijaya
1.Kasrem 081 DSJ Letkol Czi Djoko Wibowo saat pemasangan tanda latihan kepada pendukung

Madiun, Selasa 9 September 2014 pukul 08.00 bertempat di Halaman Makodim 0803 Madiun, dilaksanakan upacara pembukaan Latihan Posko I Kodim 0803 Madiun ”Merak Jaya” Tahun 2014 dalam rangka penanggulangan bencana alam oleh Kepala Staf Korem 081/DSJ Letnan Kolonel Czi Djoko Wibowo yang mewakili Komandan Korem 081/DSJ selaku Irup, sedangkan Danup oleh Kasdim 0803/Madiun Mayor Arm Timbul Mujihartoyo, Spd. Pembukaan latihan itu dihadiri oleh unsur-usur Pemerintah daerah, Kasrem 081/DSJ serta jajaran Perwira staf Korem 081/DSJ, para Dandim Jajaran Rem 081/DSJ dan juga dihadiri oleh Polres Kota/Kab. Madiun, Dan/Ka Balak Rem 081/DSJ serta instansi yang terkait, Pelaksanaan Latihan Posko I di mulai tanggal 9 s.d 11September 2014 di Makodim 0803 Madiun. (9/9).

Dalam amanat Komandan Korem 081/DSJ yang dibacakan Kasrem, disampaikan bahwa Hubungan kerja antara aparat teritorial dan Instansi terkait serta masyarakat yang selama ini sudah berjalan dengan baik, perlu kita tingkatkan lagi, karena kemampuan untuk menemukan dan mengatasi/menanggulangi kerawanan dibidang Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial masyarakat saat ini, sangat dibutuhkan oleh aparat teritorial dalam menunjang keberhasilan pembinaan teritorial dan pada gilirannya upaya Komando untuk menciptakan stabilitas keamanan dan penanggulangan bencana alam yang mantap dan dinamis akan terwujud seperti yang kita harapkan bersama.

Mencermati penanganan krisis dan penanggulangan bencana alam di tingkat Nasional maupun Daerah saat ini, meskipun sudah berangsur baik, namun masih belum optimal dan terkesan instant tanpa perencanaan yang cermat hal ini pula yang terjadi diwilayah Korem 081/Dhirotsaha Jaya. Dari skenario Latihan Posko I kali ini di harapkan dapat menggambarkan situasi yang mendekati kondisi yang sebenarnya akan dihadapi, dengan tujuan disamping melatih prosedur mekanisme hubungan Komandan dan Staf, juga bermanfaat bagi kepentingan aparat terkait diwilayah Korem 081/Dhirotsaha Jaya khususnya Kodim 0803 Madiun, Guna melaksanakan operasi bantuan kepada Pemda dalam penanganan penanggulangan bencana alam, Oleh sebab itu saya mengajak untuk memanfaatkan momen latihan ini sebaik-baiknya, ikuti dengan cermat skenario latihan dan persoalan-persoalan yang diberikan oleh penyelenggara dan tanggapi dengan serius dalam bentuk yang aplikatif. Pinta Danrem.

Lebih lanjut Kepada penyelenggara Gladi, Danrem 081/DSJ minta agar sekenario latihan ini lebih diupayakan mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan karena menurut Danrem hanya dengan cara itu kita dapat mengukur kemampuan staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul, sekaligus melakukan perbaikan, dan penyempurnaan prosedur maupun kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya. Sedangkan Tujuan dan sasaran latihan posko I yaitu kemampuan melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur yang sudah disepakati serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat meskipun dalam situasi yang serba dilematis.

Tema pelaksanaan Gladi Posko I adalah ” Kodim Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemda, Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang ” .

Berorientasi pada tema tersebut bentuk operasi yang diberikan adalah operasi penanggulangan bencana, Selain meningkatkan profesionalitas juga terkandung maksud peduli aparat yag sewaktu-waktu memberikan kontribusi secara maksimal kepada masyarakat sekitarnya khususnya dalam rangka penanganan bencana alam.

Diakhir sambutannya, Danrem menekankan hendaknya Jajaran TNI mampu berdampingan dengan instansi terkait apalagi dalam penanganan bencana. Meski di daerah sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), namun penanganan bencana juga merupakan salah satu tugas TNI sesuai Undang-Undang (UU) oleh karena itu kehadiran Satuan Komando Kewilyahan (Satkowil) baik diminta ataupun tidak, harus berperan didalamnya, tegasnya.

Upacara pembukaan Latihan Posko-I Kodim 0803 Madiun ditandai dengan penyematan pita dan pemasangan tanda penyelenggara dan pelaku oleh Kasrem 081/DSJ. ( LS ).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasrem 081/DSJ Membuka Latihan Posko I Kodim Madiun