TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam IM Beri Pembekalan dan Penajaman Pengetahuan Dasar Intelijen Bagi Bintara Intelijen

By 10 Sep 2014 16:06Kodam Iskandar Muda
3326 Asintel

Pembekalan dan penajaman pengetahuan dasar intelijen yang diikuti oleh 100 personil Bintara Intelijen Kodam Iskandar Muda dilaksanakan sebagai upaya untuk pengkaderan dan pembinaan personil intelijen Kodam Iskandar Muda, guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta kepedulian aparat intelijen terhadap setiap perkembangan situasi yang terjadi di wilayahnya dengan cara memberikan pengetahuan tentang fungsi intelijen, mengasah kemampuan membuat laporan informasi, memahami isi dari RPP dan melatih rasa kepekaan terhadap lingkungan.Hal tersebut disampaikan Asisten Intelijen Kasdam IM Kolonel Inf Imam Sampurno Setiawan saat membacakan amanata Pangdam IM. Senin (08/09).

Lebih lanjut Pangdam IM dalam amanatnya menyampaikan kepada personel intelijen jajaran Kodam Iskandar Muda pimpinan TNI AD juga telah menetapkan suatu kebijakan di bidang intelijen yakni memantapkan kemampuan dan kekuatan satuan intel terutama di tingkat Kodam, Korem, dan Kodim agar mampu mengantisipasi dan menangkal setiap gejolak kerawanan sosial dan gangguan keamanan yang mungkin timbul di wilayah tanggung jawabnya masing-masing. Seorang intel itu pada dasarnya harus cerdas, tahu dunia informasi, dan informasi tersebut harus jelas dari A sampai Z serta sumbernya dapat dipercaya. seorang intel harus seorang yang dipercaya dengan memegang prinsip bahwa tugas saya adalah dinas untuk negara bukan untuk kepentingan pribadi.

Pangdam IM berpesan kepada penyelenggara dan peserta agar melaksanakan kegiatan pembekalan dan penajaman pengetahuan dasar intelijen ini dengan penuh disiplin dan rasa tanggung jawab sehingga tujuan dan sasaran pembekalan dan penajaman pengetahuan dasar intelijen tercapai secara optimal. Serta dapat memanfaatkan waktu pembekalan dan penajaman pengetahuan dasar intelijen ini dengan sebaik-baiknya untuk menyerap setiap materi yang diberikan dengan tujuan agar dapat digunakan dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok. Di samping itu aparat intelijen harus sinergis dan solid serta selalu melakukan koordinasi dengan community intelijen. setiap insan intelijen harus mampu membangun dialog, melakukan interaksi dan komunikasi dengan semua lapisan masyarakat agar tercipta sinergitas yang diperlukan dalam menye-lesaikan berbagai permasalahan yang langsung menyentuh satuan maupun kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi wahana dalam mewujudkan pembinaan dan peningkatan kualitas profesionalisme personil dan satuan intelijen jajaran Kodam Iskandar Muda ke depan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam IM Beri Pembekalan dan Penajaman Pengetahuan Dasar Intelijen Bagi Bintara Intelijen