TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM IX/UDAYANA LAUNCHING PEMBUATAN LUBANG RESAPAN BIOPORI

By 24 Sep 2014 19:11Kodam IX/Udayana
aasas

Kodam IX/Udayana Launching Pembuatan Lubang Resapan Biopori ( LRB) di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana bertempat di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, yang di Buka langsung oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Ruslian Hariadi yang membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana, Rabu (24/9).

Pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa lubang resapan biopori adalah lubang yang dibuat dan diisi sampah organik. Lubang ini berfungsi untuk menahan atau menampung air yang mengalir di sekitarnya sehingga dapat menjadi sumber cadangan air bagi air bawah tanah dan tumbuhan di sekitarnya serta membantu pelapukan sampah organik menjadi kompos yang bisa dipakai untuk pupuk tumbuh-tumbuhan.

Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini juga dapat menghidupi fauna tanah yang selanjutnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Di samping itu, secara ekologi dan lingkungan, biopori memiliki banyak manfaat antara lain memperluas bidang penyerapan air untuk mengurangi banjir, sebagai penanganan limbah organik dan meningkatkan kesehatan tanah.

Mengingat sangat pentingnya manfaat biopori bagi penciptaan pori-pori atau kesehatan tanah sekaligus pemeliharaan lingkungan hidup maka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-69, Panglima TNI mencanangkan pembuatan satu juta lubang biopori di masing-masing Kotama termasuk di jajaran Kodam IX/Udayana.

Sasaran pembuatan lubang biopori diutamakan bagi lahan-lahan terbuka yang kurang subur dan menerima langsung curah hujan serta yang sering tergenang air. Prajurit TNI dan PNS di harapkan mampun mengajak seluruh insan masyarakat untuk ikut membuat Lubang Resapan Biopori di lingkungan perumahan masing-masing.

Sebenarnya pembuatan lubang resapan biopori sudah dimulai awal bulan Agustus 2014 lalu, namun lounching secara serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh Panglima TNI baru dilaksanakan hari ini melalui teleconference secara langsung.

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur, Kapolda dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli, LO AL, dan LO AU, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai serta para Dan/Ka Satuan Jajaran Kodam IX/ Udayana. (Pendam IX/Udayana)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM IX/UDAYANA LAUNCHING PEMBUATAN LUBANG RESAPAN BIOPORI