TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam Jaya Serahkan Situ Puspa Ke Rektorat UI

By 19 Sep 2014 17:57Kodam Jaya
UI Depok

“Kepedulian TNI dalam membantu masyarakat terus dilaksanakan dan ditingkatkan dalam setiap aspek termasuk dalam program karya bhakti pembersihan dan pengerukan situ puspa UI Depok yang mulai dilaksanakan pada tanggal 12 September lalu. Kegiatan tersebut telah berhasil menormalisasi Situ yang bermuara didalam area Kampus Universitas Indonesia”, berkaitan dengan selesainya kegiatan tersebut Komandan Kodim 0508 Depok Letkol Inf Santosa menyerahkan hasil pelaksanaan program karya bhakti pembersihan dan pengerukan situ puspa UI Depok kepada Bapak Dr. Harun A Gunawan selaku Wadir Umum dan Fasilitas UI yang disaksikan oleh Rektor UI Bapak Dr. Ir Muhammad Anis M. Met. Bertempat di Ruang Rektorat UI Depok, Kamis (19/09).

Dandim 0508/Depok menyampaikan, ini adalah bukti nyata kepedulian unsur pimpinan TNI AD terhadap Masyarakat dan Civitas Akademi UI yang diaplikasikan dengan menormalisasi Aliran Situ ulin yang bermuara di Situ Puspa dalam Area Kampus UI Depok. Kegiatan ini melibatkan 3440 gabungan Personil baik TNI AD baik Pasukan Kodam Jaya dan Jajaran, Kopassus, Kostrad, TNI AL, TNI AU, Polri, Pemda, LSM, Mahasiswa UI serta Masyarakat sekitar.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 Hari tersebut memberikan hasil nyata dengan terciptanya normalisasi situ puspa yang saat ini fungsi nya telah berjalan dengan normal tanpa banyak sampah yang menghambat arus air serta pengerukan dengan menggunakan eskavator yang dimiliki Ditziad, hingga kemarin masih ada sekitar 100 Personil Kodim Depok yang membersihkan Danau tersebut dengan menggunakan 2 Perahu LCR milik Bekangdam Jaya.

“Kegiatan ini dapat menghemat anggaran Kebersihan Universitas Indonesia, Kami menghaturkan terima kasih yang mendalam atas kepedulian TNI AD yang memberikan kontribusi dengan tulus” demikian yang disampaikan Bapak Dr. Harun A Gunawan selaku Wadir Umum dan Fasilitas UI.

Sementara Rektor UI menyampaikan “Kami akan secara continue menjaga dan membuat konsep agar situ puspa yang ada di areal UI menjadi Percontohan”. Dalam kegiatan Penyerahan hasil tersebut juga dilaporkan mengenai penanaman 300 pohon Damar serta penyerahan 5000 batang pohon keras yang terdiri dari Pohon jati putih sebanyak 1500, Pohon sengon 500, Pohon bintaro 500, Pohon trembesi 1900, Pohon mahoni 500, Pohon manglid 20, Pohon keben 20, Pohon kisireun 20 dan pohon eboni 20 batang.

Kodam Jaya Serahkan Situ Puspa Ke Rektorat UI