TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 0307/TD PERSATUKAN DUA KELOMPOK MASYARAKAT YANG BENTROK DENGAN KEGIATAN LOMBA OUTBOUND

By 01 Sep 2014 18:34Kodam I/Bukit Barisan
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Batusangkar, 28 Agustus 2014, Kodim 0307/Tanah Datar Rem 032/Wbr persatukan kembali dua kelompok yang pemuda terlibat perkelahian antar kampung (cakak banyak ) antara Jorong Lumbung Bapereng Nagari Rao-Rao degan Nagari Koto Baru Kecamatan sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dalam suatu kegiatan Lomba outbound yang dipusatkan di Balai-balai depan kantor Wali Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar (28-8).

Dandim 0307/Tanah Datar Letnan Kolonel Kav Sutrisno Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan outbound yang di selenggarakan oleh Kodim 0307/Tanah Datar ini adalah menindak lanjuti dari komitmen dikomandangkan oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Widagdo Hendro dalam rangka menanamkan kembali nilai-nilai Wasbang bagi masyarakat di wilayah Sumbar, dengan kegiatan Wasbang berupa outbound ini diharapkan dapat memperkuat kembali tali silaturahmi, jiwa korsa, terjalin rasa persatuan dan kesatuan yang kuat di antara pemuda dan masyarakat di dua Nagari tersebut, mengingat sebelumnya mereka adalah bersaudara, papar Dandim.

Lebih lanjut Dandim memaparkan bahwa kegiatan outbound selain ikuti oleh perwakilan pemuda di kedua nagari tersebut juga melibatkan unsur TNI dalam hal ini anggota Kodim 0307/Tanah Datar, Polres Tanah Datar dan unsur Pemerintah Daerah, mereka masing-masing digabung dalam satu tim outbound dan harapkan dengan tim gabungan yang terdiri dari 10 orang tersebut dapat terjalin kerja sama yang kuat dalam mengatasi setiap materi outbound karena kegiatan ini kunci utamanya adalah kekompakan dan bersatu.

Bupati Tanah Datar Ir. M. Shadiq Pasadigoe,SH,MM dan Kapolres Tanah Datar AKBP Nina Febrilinda menyambut baik dan mendukung atas pelaksanaan lomba outbound yang diselenggarakan oleh Kodim 0307/Tanah Datar dengan melibatkan unsur Masyarakat, Pemuda, TNI, POLRI dan Pemda ini. Wali Jorong Lumbung Bapereng Kampung Baru Rao-rao Anas menyambut positif kegiatan outbound yang dilaksanakan ini dan meminta kegiatan seperti ini dapat berlanjut sehingga kedepannya hubungan diantara kedua kelompok pemuda ini semakin solid. Kegiatan dilaksanakan di enam titik dimulai dari start di Jorong Bapereng Nagari Rao-rao dan finish di Balai-balai depan kantor walinagari kampung Baru Adapun materi outbound yang dilombakan adalah kegiatan buldozer, kegiatan bola tali, permadani, holahop, water estafet, tongkat estafet dan melintasi jembatan kayu. Kegiatan diikuti oleh 10 kelompok disaksikan oleh sekitar seribuan warga dari kedua nagari.

Bentrok antar Nagari (cakak banyak) yang terjadi di antara Jorong Lumbung Bapereng Nagari Rao-Rao dengan Nagari Koto Baru yang melibatkan ratusan pemuda dari ke dua nagari ini terjadi pada tanggal 19 Agustus 2014 lalu yang disebabkan kesalahpahaman dan telah dilaksanakan perdamaian tanggal 20 Agustus 2014 bertempat dikantor Camat Sungai Tarap oleh ketua pemuda dari kedua kelompok yang bertikai disaksikan oleh unsur Muspida Kabupaten Tanah Datar. (Kasdim DDJ).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODIM 0307/TD PERSATUKAN DUA KELOMPOK MASYARAKAT YANG BENTROK DENGAN KEGIATAN LOMBA OUTBOUND