TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Komandan PMPP TNI Tutup Latihan Bersama TNI dan GPOI USA

By 02 Sep 2014 21:09Berita Satuan
IMG_9120

(Puspen TNI). Komandan PMPP TNI Brigjen TNI AM Putranto, S.sos mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingi oleh Commanding General Hawaii Army National Guard, Brigjen Bruce E. Oliveira menutup latihan bersama TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan GPOI (Global Peace Operation Initiative) USA di PMPP (Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian) TNI Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (1/9/2014).

Panglima TNI dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Komandan PMPP TNI mengatakan, sejak tahun 1999, misi pemeliharaan perdamaian PBB secara tegas telah mengeluarkan mandat untuk melindungi masyarakat sipil dari segala bentuk ancaman, hal ini dikarenakan semakin meningkatnya korban masyarakat sipil akibat konflik bersenjata.   Sebagaimana diketahui bersama bahwa untuk meningkatkan perlindungan masyarakat sipil dalam konteks operasi pemeliharaan perdamaian PBB harus ditangani secara holistik, dengan meningkatkan kinerja semua pelaku yang terkait dan berwenang dalam melindungi masyarakat sipil yang tidak bersalah dari kekerasan secara fisik.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, latihan yang baru saja diselesaikan oleh para peserta latihan telah dirancang untuk menghadapi tantangan-tantangan dari bentuk operasi-operasi pemeliharaan perdamaian yang bersifat modern. Oleh karena itu, saya memiliki harapan yang cukup tinggi bahwa dengan menyelesaikan latihan ini para peserta tidak hanya diharapkan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang mandat dari misi yang nanti mungkin para peserta pimpin dan dukung dimasa yang akan datang. Namun juga untuk mencapai suatu kesiapan yang diperlukan dalam melaksanakan tugas sesuai jabatan di PBB dan juga mampu mengeksekusi tugas-tugas yang diberikan secara profesional, adaptif dan imparsial, sesuai dengan moto latihan ini.

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada GPOI dan PMPP TNI atas segala usaha dalam mendukung, merencanakan dan mempersiapkan event yang sangat penting ini, serta menyampaikan penghargaan kepada para pakar, pengajar, penasihat, instruktur dan fasilitator atas kontribusi yang sangat bermanfaat selama pelaksanaan event ini.

Saya juga ingin menyampaikan penghargaan kepada seluruh peserta latihan atas partisipasi dan kontribusi yang aktif selama latihan.  “Latihan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan melalui kegiatan ini kita dapat mempererat hubungan kerja sama dan hubungan saling mengerti serta hubungan persahabatan yang harmonis di masa yang akan datang”, harap Panglima TNI.

Latihan bersama TNI dan GPOI Capstone Exercise Garuda Canti Dharma 2014 ini melibatkan 720 peserta dari 21 negara yaitu :  Amerika, Bangladesh, Filipina, Indonesia, Jepang, Jordania,  Kamboja, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Mongolia, Nepal, Srilanka, Thailand, Vietnam, New Zeland, Australia, Tanzania, Afrika Selatan, Ukraina dan Jerman.Autentikasi :Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bernardus Robert

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Komandan PMPP TNI Tutup Latihan Bersama TNI dan GPOI USA