TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

LATIHAN PRATUGAS YONIF 514/R/9/2 KOSTRAD DALAM RANGKA TUGAS OPS PAMTAS RI-RDTL TA. 2014

By 04 Sep 2014 18:47Kostrad
pratugas yonif 514 3-9-14

Penetapan batas Negara RI – RDTL dilaksanakan berdasarkan hasil perundingan dan kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan República Democrática de Timor Leste yang ditandai dengan kesepakatan pelaksanaan survey penentuan patok batas. Permasalahan yang timbul di perbatasan wilayah darat antara Indonesia – República Democrática de Timor Leste , sangat berpotensi menjadi konflik apabila tidak dikelola secara proporsional. Hal ini timbul antara lain karena belum tuntasnya penentuan beberapa garis batas wilayah. Dengan kondisi tersebut, maka perlu digelar kekuatan TNI guna mengamankan wilayah perbatasan darat RI – RDTL.

Dalam rangka mendukung tugas pokok tersebut, Satgas Yonif 514/R/9/2 Kostrad disiapkan untuk melaksanakan tugas Pamtas RI – RDTL di Wilayah Belu NTT, untuk menggantikan Satgas Yonif 742/SWY yang telah purna masa penugasannya. Sejalan dengan itu, maka diselenggarakan latihan Pratugas Yonif 514/R/2 Kostrad di daerah latihan Curahdami, Grujukan dan Maesan Bondowoso Jawa Timur.

Tujuan dari pelaksanaan latihan tersebut yaitu peningkatan kemampuan prajurit dalam materi-materi tertentu yang disesuaikan dengan keadaan daerah operasi yang akan dihadapi yaitu sebagai berikut :

1.    Banyaknya patok-patok perbatasan yang menjadi tanggung jawab pos.
2.    Banyaknya terjadi kegiatan ilegal dan penyerobotan wilayah.
3.    Adanya kegiatan sweeping disesuaikan dengan kondisi pos.
4.    Adanya kegiatan Binter di wilayah pos masing-masing.
5.    Adanya kegiatan sosial di sekitar pos.

Berdasar pada pelaksanaan operasi dalam hubungan tim/pos dengan jumlah yang disesuaikan pada wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawab Satgas maka perlu diadakan latihan dalam hubungan tim/pos sehingga akan terbentuk satu tim yang solid.

Latihan pratugas merupakan wadah untuk membekali pengetahuan dan keterampilan prajurit khususnya yang belum pernah melaksanakan tugas operasi. Maka personel Satgas Yonif 514/R/9/2 Kostrad dalam rangka melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI – RDTL di wilayah Belu NTT pelaksanaan latihan Pra Tugas Yonif 514/R/9/2 Kostrad mulai tanggal 19 s.d. 28 Agustus 2014 di daerah latihan Curahdami, Grujukan dan Maesan Bondowoso Jawa Timur yang diikuti 350 orang.

Materi yang dilaksanakan oleh personel Satgas Yonif 514/R/9/2 Kostrad yaitu:
1. Materi Hukum.
a. SOP (Standard Operation Procedure) pemeriksaan pelintas batas illegal.
b. SOP (Standard Operation Procedure) penanganan pelintas batas illegal.
c. SOP (Standard Operation Procedure) penanganan illegal logging, illegal mining, human trafficking dan peredaran Narkoba.
d. Protap bersama perbatasan.
2. Materi Teritorial.
a. Pengumpulan data teritorial.
b. Pemberdaya
c. Pembinaan pertahanan wilayah.
d. Binter Satuan Non Kowil.
e. Karya bhakti.
f. Melaksanakan penyuluhan kesehatan dan agama.
g. Penyelenggaraan Siskamling/Dalduk.
h. Praktik Gadik di sekolah (praktik mengajar paket A).an tokoh masyarakat.
3. Materi Intelijen.
a. Bangsispam.
b. Pengamatan dan penggambaran.
c. Laporan informasi.
d. Wawancara.
4. Materi Tempur.
a. Patroli.
b. Ralasuntai.
c. Teknik Sweeping darat.
d. Pos Dalduk.
e. Pengamanan RPU.

Pada tanggal 18 Agustus 2014 Danbrigif 9/2 Kostrad Kolonel Inf Wachid Apirliyanto membuka Latihan Pratugas Yonif 514/R/9/2 Kostrad. Dalam pembukaan upacara beliau menekankan bahwa latihan Pratugas ini dilaksanakan untuk membekali gambaran penugasan yang akan dilaksanakan Satgas Yonif 514/R/9/2 Kostrad di perbatasan Belu NTT – República Democrática de Timor Leste sehingga pelaksanaan tugas nanti dapat dilaksanakan dengan maksimal sehingga dapat dilaksanakan secara maksimal dan dapat memperoleh prestasi di daerah penugasan.

Secara umum pelaksanaan latihan Pratugas Yonif 514/R/9/2 Kostrad dalam rangka Pamtas darat RI – República Democrática de Timor Leste TA. 2014 dapat dilaksanakan dengan tertib, aman dan lancar sesuai dengan yang direncanakan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LATIHAN PRATUGAS YONIF 514/R/9/2 KOSTRAD DALAM RANGKA TUGAS OPS PAMTAS RI-RDTL TA. 2014