TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

LOMBA PARADE CINTA TANAH AIR (PCTA) TH. 2014 SE PROVINSI RIAU

By 09 Sep 2014 22:10Kodam I/Bukit Barisan
parade cinta tanah air

Pekanbaru (Selasa 9 September 2014), bertempat di Aula Wirabima Makorem 031/Wirabima Jl. Mayor Ali Rasyid Pekanbaru, telah dilaksanakan lomba Parade Cinta Tanah Air yang bertemakan ’’Cinta Tanah Air untuk mempertahankan NKRI”. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Direktorat Jenderal Startegi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan Korem 031/Wirabima, diikuti oleh 29 Tim SMA/SMK yang terdiri dari perwakilan Kabupaten/Kota provinsi Riau.

Dalam sambutannya Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto yang dibacakan kasrem 031/Wirabima Kolonel Inf Sutjipto, mengharapkan agar para peserta lomba Parade Cinta Tanah Air dapat menuangkan secara lisan melalui diskusi tentang ide dan gagasan yang komprehensif dalam rangka membentuk karakter generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara yang baik, dengan dijiwai kecintaanya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sikap Bela Negara dan Cinta Tanah Air merupakan nilai karakter bangsa Indonesia yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Namun, nilai-nilai karakter kebangsaan di tengah-tengah masyarakat Indonesia saat ini semakin luntur, ditandai dengan maraknya sikap-sikap anomali sosial, seperti tawuran pelajar, premanisme dan sikap kurang menghargai budaya asli Indonesia yang kesemuanya itu menunjukkan bahwa pembinaan dan perhatian khusus dibutuhkan dalam pembentukan karakter anak muda sekarang ini.

Maka kegiatan “Parade Cinta Tanah Air” berupa lomba diskusi atau uji argument yang yang diikuti oleh pelajar tingkat SLTA sederajat se-Provinsi Riau dapat menumbuh kembangkan kemampuan ilmu pengetahuan dalam berargumen melalui lomba diskusi/uji argumen serta mampu mengekspresikan pemikiran dan pengetahuan dalam rangka membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran Bela Negara dalam rangka menjaga kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

Sebelum mengakhiri sambutan, Danrem 031/Wirabima berpesan kepada panitia, peserta dan pendamping Parade Cinta Tanah Air 2014, agar berperan secara aktif, sehingga seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berlangsung dengan tertib dan lancar, laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar sasaran dapat tercapai secara optimal.

Pada lomba tersebut peraih Juara I adalah Tim dari Sekolah SMA Cendana Pekabaru dengan nilai 93,64, juara II SMA N 1 Rengat (Inhu) dengan nilai 87,24, juara III SMA N 9 Pekanbaru dengan nilai 86,58 dan juara harapan 1 dari SMK N 1 Rambah, selanjutnya peraih Juara I akan mewakili provinsi Riau maju dalam Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Nasional di Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kasrem 031/Wirabima,Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau beserta staf, Kakorda Riau Desk PPKP (Pengendali Pusat Kantor Pertahanan) Kolonel Arh Purwo Sudaryanto, Pns Erni dari Kemenhan RI, para Kasi Korem 031/Wirabima, Dan/Kasatdisjan, Kabalak Rem 031/Wirabima, guru pendamping serta siswa SMA/SMK Provinsi Riau.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LOMBA PARADE CINTA TANAH AIR (PCTA) TH. 2014 SE PROVINSI RIAU