TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mayjen TNI Agus Sutomo Pangdam Jaya

By 28 Sep 2014 13:34Kodam Jaya
hgc

Sebagai Komando Utama yang terletak diwilayah Ibukota Republik Indonesia, Kodam Jaya memiliki dinamika serta ritme tugas yang cukup kompleks diantaranya Menyelenggarakan pengamanan instalasi obyek vital TNI & non TNI, Kegiatan Kenegaraan, keamanan fisik Pejabat Penting Negara/VIP & Tamu Negara, serta Pejabat Perwakilan Negara sahabat yang berada di wilayah Kodam Jaya/Jayakarta berdasarkan petunjuk serta kebijakan panglima TNI. Hal ini dikarenakan Jakarta merupakanIbu kota Republik Indonesia, Jakarta adalah kota metropolitan yang luas dan besar dengan populasi lebih dari 9 juta jiwa.

Ibu kota Negara dengan 240 juta penduduk, Jakarta tidak hanya tempat pemerintahan nasional dan pemerintah provinsi, kota ini juga pusat politik Indonesia. Selain itu, Jakarta juga pusat keuangan nasional dan perdagangan Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut Kodam Jaya harus dipimpin oleh seorang Pemimpin yang sangat menguasai ilmu kepemimpinan serta pengertian dan pengetahuan yang mendalam mengenai Jakarta The City Never Sleep.

Mayor Jenderal Agus Sutomo merupakan Panglima Kodam Jaya yang Ke-29 setelah pada hari Jumat (26/09) lalu diberikan amanah oleh Negara melalui Serah Terima Jabatan dari Mayjen TNI Mulyono yang selanjutnya akan menjabat sebagai Panglima Kostrad. Kegiatan Sertijab itu dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, bertempat di lapangan 600 Markas Divisi Infanteri-1 Kostrad Cilodong.

Rangkaian kegiatan Sertijab yang diawali pada hari Rabu (24/09) dengan Tradisi Korps Penyambutan Warga baru Kodam Jaya. Seluruh Warga Kodam Jaya/Jayakarta dengan bahagia menyambut Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo beserta Ny.Minurlin Agus Sutomo di Makodam Jaya/Jayakarta. Kegiatan Tradisi Penerimaan tersebut diawali penyambutan oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Teddy Lhaksmana dan ditandai jajar kehormatan dan tradisi Payung Pora yang dilaksanakan oleh para Perwira Pertama Kodam Jaya, tidak hanya tradisi itu saja yang dilakukan akan tetapi Prajurit baru yang akan bertugas di Kodam Jaya diharuskan untuk mengisi buku Corps Raport sebagai bukti bahwa Mayjen TNI Agus Sutomo akan menjadi warga Kodam Jaya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penghormatan kepada lambang-lambang Satuan Kodam Jaya serta Penciuman Bendera Pataka Kodam Jaya/Jayakarta oleh Mayjen TNI Agus Sutomo dan kegiatan diakhiri dengan acara perkenalan Pejabat Pangdam Jaya yang baru dengan para Perwira Staf Kodam Jaya. Acara tradisi seperti ini biasa dilakukan di Kodam Jaya setiap terjadi pergantian pucuk pimpinan Kodam Jaya/Jayakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Risalah Memorandum dari Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mulyono kepada Mayjen TNI Agus Sutomo, yang mana memorandum itu merupakan pertanggung jawaban Kodam Jaya serta paparan Para Asisten Kasdam Jaya dan Para Kabalak Kodam Jaya.

Setelah pada hari Jumat (26/09) Sertijab Pangdam Jaya dilaksanakan, Mayjen TNI Agus Sutomo yang merupakan lulusan Akabri 1984 yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan pasukan Pengamanan Presiden lalu Komandan Jenderal Kopassus kini Resmi Memegang Tongkat Komando Pucuk Pimpinan Kodam Jaya sebagai Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Ke-29.

Sekilas tentang sejarah singkat Mayjen TNI Agus Sutomo yang dilahirkan di Klaten Pada 14 April 1960 setelah lulus dari Akabri pada tahun 1984 lalu dilanjutkan dengan pendidikan Sesarcab Infanteri pada tahun 1984 dan kemudian bergabung di Korps baret Merah atau Kopassus. Penempatan pertama Mayjen Agus Sutomo sebagai Komandan Pleton Kopassandha Kopassus dan hingga Kapten Mayjen TNI Agus Sutomo menjabat sebagai Komandan Unit 1/2/1/2 Grup-1 Kopassus, Pada tahun 1994 Mayjen TNI Agus Sutomo melanjutkan Sekolah Lanjutan Perwira yang kemudian setelah menyelesaikan Sekolah tersebut Mayjen TNI Agus Sutomo kembali ditempatkan di Kopassus, tetapi kali ini beliau ditempatkan di Lembaga Pendidikan Pusat Pendidikan Kopassus Batujajar hingga menjadi orang nomor 1 di Kopassus sebagai Danjen Kopassus. Beberapa Jabatan penting diluar Kopassus seperti Komandan Paspampres juga pernah beliau tempati, tetapi Mayjen TNI Agus Sutomo juga sempat merasakan berdinas di Kodam Jaya saat Pamen berpangkat Letnan Kolonel sebagai Komandan Batalyon Infanteri 202/Tajimalela dan Komandan Kodim 0507/Bekasi. Lengkap sudah sebagai seorang Prajurit yang pernah merasakan bertugas di Satuan tempur, Lembaga Pendidikan dan Satuan Territorial pun telah dilewati sebagai bentuk pengabdian Mayjen TNI Agus Sutomo.

Terlahir sebagai Perwira Infanteri yang memiliki Jiwa Ksatria dan Naluri Kepemimpinan serta Ilmu strategi yang mumpuni maka Mayjen TNI Agus Sutomo 4 kali melaksanakan tugas Operasi ke Timor-timur, disamping itu juga Suami dari Ny.Minurlin yang kini mempunya dua buah hati ini juga beberapakali menjalani penugasan Luar Negeri diantaranya Australia, Singapore, Malaysia, Iran, Senegal, Afrika Selatan dan Dubai.

Perjalanan Panjang Pengabdian tugas Mayjen TNI Agus Sutomo dan Pada akhirnya Loyalitas, Kredibilitas serta Totalitas yang diberikan Mayjen TNI Agus Sutomo terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Perwira Tinggi TNI AD itulah yang membuat Negara memberikan Amanah Mayjen TNI Agus Sutomo untuk Memimpin Kodam Jaya, Komando Kewilayahan Pertahanan strategis yang wilayahnya meliputi DKI Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Kemudian pada Sabtu (27/09) Dengan tegas selaku Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo didampingi Pangkostrad Mayjen TNI Mulyono berdiri didepan anggota Kodam Jaya mengambil apel dan memperkenalkan diri, serta meminta agar seluruh anggota Kodam Jaya dapat bekerja dengan maksimal demi mendukung tugas pokok Ibukota, disamping itu juga Mayjen TNI Mulyono mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh anggota Kodam Jaya selama beliau memimpin Kodam Jaya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penerimaan defile sebagai penghormatan dari Prajurit Kodam Jaya, dengan sigap dan layaknya seorang pemimpin Pangdam Jaya membalas Hormat seluruh Prajurit Kodam Jaya yang dengan semangat memberikan penghormatan. Setelah defile Pangdam Jaya melaksanakan ramah tamah serta menerima hiburan yang seluruhnya dimainkan oleh Prajurit Kodam Jaya.

Tak lupa seperti Tradisi yang dilaksanakan dalam serah terima jabatan Pangdam Jaya, kali ini juga diadakan Penanaman Pohon Sebagai wujud ikatan batin yang takkan retas oleh ruang dan waktu dan bertujuan untuk mendorong motivasi terhadap upaya pelestarian serta lingkungan hidup yang sejuk dan asri.

Kegiatan diakhiri dengan Pelepasan Mayjen TNI Mulyono beserta Ny.Rosita Mulyono untuk mengemban amanah jabatan yang baru dan diiringi oleh seluruh anggota Kodam Jaya. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Mukhtar S.I.P

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mayjen TNI Agus Sutomo Pangdam Jaya