TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Niyoga dan Pesinden Ikuti Sinden Idol dan Festival Karawitan Kodam IV/Diponegoro

By 17 Sep 2014 02:38Kodam IV/Diponegoro
1609201401

Pemukulan Gong oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo menandai dibukanya Sinden Idol dan Festival Karawitan dalam rangka memperingati HUT ke 69 Tentara Nasional Indonesia dan HUT ke 64 Kodam IV/Diponegoro (Senin, 15/9). Ratusan pemain karawitan atau disebut Niyogo dan pesinden antusias mengikuti acara Sinden Idol dan Festival Karawitan yang berlangsung di Wisma Perdamaian, Semarang.

Kegiatan ini akan berlangsung mulai hari ini Senin (15/9) sampai dengan Jumat (19/9) dan grand final akan diadakan di Solo.

Pada kesempatan ini, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo menyampaikan, bahwa Sinden Idol dan Festival Karawitan bisa menjadi salah satu ketahanan budaya. Jangan sampai budaya asli Indonesia di klaim oleh negara lain.

“Siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan budaya lokal Indonesia. Banyak budaya kita gamelan, angklung dan lainnya sudah pindah ke luar negeri”, jelas Mayjen TNI Sunindyo.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Ariwibowo mengatakan, menyambut baik kegiatan Sinden Idol yang dikemas lebih modern sehingga digandrungi anak-anak muda. Pihaknya berterimakasih kepada TNI yang mau menguri-uri budaya lokal.

“Diharapkan, dengan dikemas seperti Sinden Idol dan Festival Karawitan ini menjadi daya tarik tersendiri,” ungkap Kepala Disbudpar Provinsi Jateng.

Adapun yang bertindak selaku dewan juri yaitu Raden Tumenggung Radyo Dipuro dari dosen tamu ISI Surakarta, Suraji ISI Yogyakarta dan Widodo Sejati Dosen Unnes.

Hadir pada acara tersebut para pejabat Kodam IV/Diponegoro.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Niyoga dan Pesinden Ikuti Sinden Idol dan Festival Karawitan Kodam IV/Diponegoro