TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

NY. BUDIONO TERKESAN DENGAN SARUNG SUTERA ASLI SAMARINDA

By 24 Sep 2014 21:40Kodam VI/Mulawarman
20140924a

Samarinda (19/09). Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga istri Wakil Presiden RI, Herawati Boediono bersama Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA beserta pengurus Dekranas Pusat serta didampingi oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Andaryono dan Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Loudewyk Pusung berkunjung ke Kampung Tenun Samarinda Seberang Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (18/9).

Kedatangan ibu Wakil Presiden RI, Herawati Boediono bersama rombongan yang menggunakan pesawat Hellycopter H. 3222 di Bandara Temindung Samarinda disambut oleh Gubernur Kaltim DR. H. Awang Farouk Ishak, didampingi Danrem 091/Asn Brigjen TNI Nono Suharsono dan Walikota Samarinda Syaharie Jaang beserta sejumlah pejabat FKPD Provinsi maupun FKPD Kota Samarinda.

Sebelum meninjau hasil kerajinan tenun sarung dan kerajinan lainnya di Rumah Cagar Budaya, Ketua Umum Dekranas Pusat bersama rombongan meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Bank Sampah yang merupakan bantuan Kementerian Lingkungan Hidup (LH). Di tempat tersebut Ibu Herawati Boediono menyaksikan penandatangan Prasasti tanda peresmian IPAL dan Bank Sampah oleh Menteri LH Balthasar Kambuaya.

Setelah meninjau dan menyaksikan hasil pengolahan limbah di IPAL dan Bank Sampah yang dilakukan masyarakat sekitar instalasi tersebut, Herawati Boediono menyusuri jalan di Gang Pertenunan Kampung Pengrajin Tenun Sarung Samarinda.

Selain melihat langsung cara warga menenun sarung dengan menggunakan alat tenun tradisional, Herawati yang terkesan dengan pelaksanaan program Dekranas Berseri di daerah itu berkesempatan mencoba alat tenun milik warga serta memberi nama hasil tenunan dengan nama “Corak Tiga Dara”.

Usai berkeliling menyusuri Gang Pertenunan, rombongan berkesempatan masuk ke Rumah Cagar Budaya yang di dalamnya menampilkan berbagai hasil tenunan Sarung Samarinda dan kain untuk pakaian termasuk Ulap Doyo (pakaian khas pedalaman Kaltim).

Seluruh rombongan segera menuju Gedung Bank Indonesia Perwakilan Kaltim untuk silaturahmi Dekranas Pusat dengan Dekranasda Kaltim dan Kota Samarinda dengan acara pemberian sejumlah uang pembinaan kepada kelompok pengerajin di Kalimantan Timur. Setelah jamuan makan siang dilanjutkan menuju ke Bandara Temindung untuk kembali ke Jakarta melalui bandara HM Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

NY. BUDIONO TERKESAN DENGAN SARUNG SUTERA ASLI SAMARINDA