TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam I/BB Irup Penutupan Dikmata Gel I Tahap I TNI AD  TA.  2014

By 16 Sep 2014 16:02Kodam I/Bukit Barisan
DIMATA GEL I OK

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Istu Hari S, S.E, M.M Irup Pada Upacara Penutupan Dikmata Gel I Tahap I TNI AD  TA  2014 sejumlah 113 orang Tamtama TNI AD di Lapangan Rindam I/BB Jalan Sipinggol-pinggol, Pematang Siantar, Sabtu (29/9).

Dalam amanatnya Pangdam I/BB mengucapkan selamat atas keberhasilan mantan siswa dalam menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata), sehingga dapat dilantik menjadi prajurit dua. Pelantikan dan penyumpahan prajurit merupakan momentum bersejarah, para tamtama remaja telah memasuki tahap awal dalam perjalanan panjang untuk mendarmabhaktikan diri sebagai bhayangkari negara. Janji dan sumpah yang telah diucapkan  merupakan janji yang harus dipertanggungjawabkan kepada bangsa dan negara serta kepada Tuhan Yang Maha Esa. Perlu disadari bahwa pelantikan dan penyumpahan, selain membawa konsekuensi terhadap perubahan status dari masyarakat umum menjadi prajurit TNI Angkatan Darat, juga berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai prajurit serta berlakunya ketentuan dan norma hukum militer. Karena prajurit TNI sama seperti WNI lainnya, memiliki kedudukan yang sama di depan hukum dan wajib menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan. Kehadiran tamtama remaja di tengah-tengah masyarakat harus selalu menjadi contoh dan tauladan yang mampu berperan sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. Ingat bahwa, tentara bukanlah alat politik suatu golongan atau kelompok kepentingan tertentu, melainkan jiwa raga tentara hanya dibaktikan bagi kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu, agar para tamtama remaja segera menyesuaikan diri dengan masyarakat dan lingkungan masing-masing. Hindari perilaku dan tindakan yang tidak terpuji. Jauhkan sikap arogan dan mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat dimanapun berada dan bertugas.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan pada kesempatan ini, kepada Danrindam I/BB beserta seluruh jajarannya, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi, atas segala upaya yang telah dilakukan untuk mendidik tamtama remaja sehingga dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik. Segera laksanakan evaluasi terhadap seluruh rangkaian kegiatan penyelenggaraan pendidikan agar dapat dilakukan penyempurnaan pada program pendidikan selanjutnya dan kepada keluarga dan orang tua mengucapkan selamat atas keberhasilan putra bapak dan ibu dalam menyelesaikan pendidikan, dengan harapan agar para orang tua dan keluarga kiranya dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada putra-putranya untuk menjadi prajurit yang profesional, disiplin dan bertanggung jawab sehingga dapat dibanggakan oleh keluarga dan TNI Angkatan Darat.

Diakhir amanat Pangdam I/BB menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam melaksanakan pendidikan tahap selanjutnya :  Syukuri anugerah tuhan atas keberhasilan kalian dilantik sebagai prajurit dengan tekad untuk selalu berbuat yang terbaik dimanapun berada dan bertugas. Hindari sikap arogansi ditengah masyarakat serta jadilah contoh dan tauladan di lingkungan masyarakat.  Jadilah prajurit yang ditakuti lawan, disegani kawan, dicintai rakyat, solid, profesional dan modern serta berwawasan kebangsaan yang kuat serta memiliki moralitas yang tinggi. Manfaatkan waktu cuti dan  tepati waktu kembali untuk mengikuti pendidikan Tahap-II. Selanjutnya secara simbolis Pangdam I/BB melepaskan tanda peserta didik dan menyematkan tanda kepangkatan serta memberikan ijazah kepada mantan siswa Tamtama.

 Hadir dalam acara tersebut Bupati Simalungun Walikota P. Siantar, Danrem 022/PT, Danrindam I/BB,  Asrendam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Kasbrigif 7/RR, Ketua Persit KCK PD I/BB beserta Pengurus Persit KCK PD I/BB, Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta orangtua mantan siswa Tamtama.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam I/BB Irup Penutupan Dikmata Gel I Tahap I TNI AD  TA.  2014