TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM II/SWJ BEKALI IBU-IBU DHARMA PERTIWI BELA NEGARA

By 24 Sep 2014 18:55Kodam II/Sriwijaya
DSC_0079

Palembang, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo dihadapan ratusan Ibu-ibu Dharma Pertiwi yang berada di wilayah Garnizun Palembang, terdiri dari Persit (istri prajurit TNI AD), Jalasenastri (istri prajurit TNI AL) dan Pia Ardiagarini (istri prajurit TNI AU) memberikan ceramah Kesadaran tentang Bela Negara, Selasa (23/09/2014) bertempat di Gd. Sudirman Makodam II/Swj.

Sebelum menyampaikan ceramah diawali menyayikan lagu Indonesia Raya. Ibu-ibu Dharma Pertiwi Daerah B dengan penuh semangat mendengarkan ceramah dari Pangdam II/Swj. Dalam ceramahnya, Pangdam antara lain menyampaikan agar Ibu-ibu Dharma Pertiwi Daerah B waspada dan tidak terpengaruh dengan paham ISIS (Islamic State of Iraq Syriah), yang diperkirakan pergerakan ISIS sudah masuk ke wilayah Indonesia.

Menurut Pangdam beberapa waktu lalu, di Jakarta, telah dilakukan aksi massa pendukung ISIS untuk menolak demokrasi dan sekulerisme, yang sempat diwarnai pengibaran bendera ISIS. Pemerintah Indonesia telah menyatakan menolak ideologi yang diusung ISIS dan melarang pengembangan ideologinya di Indonesia.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan bahwa selaku istri prajurit Ibu-ibu harus tahu dan mengerti tugas pokok yang diemban oleh suaminya masing-masing. Dikatakan bahwa prajurit bertugas menjaga tetap tegaknya kedaulatan negara ; memelihara keutuhan wilayah NKRI ; serta menjamin keselamatan bangsa dan segenap tumpah darah Indonesia.

Untuk mempertahankan Negara menurut Pangdam, dilakukan dengan seluruh potensi dan kekuatan nasional berdasarkan kesadaran akan “hak dan kewajiban” setiap warga negara, serta keyakinan pada kekuatan sendiri dlm upaya bela negara yang disusun menjadi komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung.

Pada bagian akhir pengarahannya, Pangdam berpesan kepada ibu-ibu Dharma Pertiwi agar mampu menjalankan peranannya sebagai ibu RT sekaligus sebagai istri prajurit TNI, tidak mudah terpancing atau terhasut oleh informasi yg belum tentu benar, menjaga martabat keluarga dan citra prajurit TNI, jangan suka mengeluh, tetapi cari solusinya agar perjalanan hidupnya selalu harmonis dan bahagia, pandai berkomuniksi, berkoordinasi dan silaturahmi guna menjaga solidaritas dan soliditas keluarga TNI, jangan merasa dirinya paling hebat, sombong, iri dan dengki kpd siapapun serta pandai bersyukur, jangan menyerah dan pasrah kepada Tuhan yang maha besar

Ikut dalam kegiatan tersebut, Pembina harian Dharma Pertiwi daerah B Kolonel Inf Syaiful Anwar, Pembina harian Persit KCK PD II/Swj Kolonel Inf Agus Prangarso, Ketua Dharma Pertiwi daerah B, Ny Dyah Bambang Budi W, Wakil Ketua Persit KCK PD II/Swj Ibu Toto S Moerasad, Ibu-ibu Jalasenastri (AL) dan Ibu-ibu Pia Ardiagarini (AU). (Pendam II/Swj)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM II/SWJ BEKALI IBU-IBU DHARMA PERTIWI BELA NEGARA