TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM II/SWJ: GALAKKAN KOMPETISI ANTAR SATUAN

By 20 Sep 2014 07:23Kodam II/Sriwijaya
DSC_0069

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo membuka Lomba Olah Raga Militer dan Olah Raga Umum dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun ke-69 TNI tahun 2014, Jum’at (19/09/2014) di Stadion garuda Sriwijaya KM.9 Tj. Api-api Palembang.

Pembukaan pertandingan ditandai dengan pelepasan balon dan tendangan bola pertama oleh Pangdam II/Swj, serta dilanjutkan pertandingan sepak bola antara Yonif 200/Raider berhadapan dengan Yonif 143/TWEJ Lampung yang dimenangkan oleh Yonif 200/Raider dengan skor 1-0. Selain itu juga dilaksanakan pertandingan Bola Voli antara Yonif 200/Raider vs Yonif 143/TWEJ dimenangkan oleh Yonif 200/Raider 2-0 serta pertandingan antara Yonif 142/KJ dengan Yonarmed 15-76/Tarik yang dimenangkan oleh Yon Armed 15-76/Tarik dengan skor 2-0.

Oramil yang dilombakan meliputi menembak pistol, menembak senapan, halang rintang, Cross Country atau lintas medan dan renang militer. Sedangkan Oraum yang dilombakan meliputi bola voli, sepak bola, lari 100 meter, lari estafet, lari 3.200 meter, lari 5.000 meter, tolak peluru, dan lempar lembing. Lomba tersebut diikuti oleh seluruh Satpur dan Satbanpur di jajaran Kodam II/Swj yakni Yonif 200/Raider, Yonif 141/AYJP, Yonif 142/KJ, Yonif 143/TWEJ, Yonif 144/JY, Yonkav 5/Serbu, Yon Armed 15-76/Tarik, Yonzipur 2/DG dan Yon Arhanudri 41/BS.

Lomba Oramil dan Oraum yang dilaksanakan dari tanggal 19 s.d. 27 September 2014 ini, menurut Pangdam bukan hanya sekedar untuk mengisi kegiatan dan memeriahkan Hari Ulang Tahun TNI, tetapi memiliki tujuan yang jauh lebih penting yaitu untuk mengukur sampai sejauhmana keberhasilan pembinaan satuan yang telah dilakukan oleh para Komandan Satuan dalam meningkatkan prestasi anggotanya di bidang olah raga.

Hal ini menjadi potret hasil pembinaan satuan di bidang Oraum dan Oramil sesungguhnya akan terlihat pada perlombaan ini. Oleh karenanya, hasil lomba yang diperoleh nantinya agar dapat dijadikan landasan untuk melakukan evaluasi, guna melakukan peningkatan prestasi dan kapasitas profesionalisme prajurit di satuan masing-masing. Dengan demikian, apa pun hasil yang diraih masing-masing satuan, sesungguhnya merupakan gambaran nyata dari pembinaan olah raga yang telah dilaksanakan oleh masing-masing satuan di jajaran Kodam II/Swj, tambahnya.

Pangdam berharap agar semua materi yang dilombakan beserta hasilnya nanti dapat dijadikan tolok ukur kesiapan kita dalam menghadapi perlombaan pada event yang lebih besar, seperti Lomba Peleton Tangkas tingkat TNI AD maupun tingkat TNI. Melalui pembinaan yang terencana, teratur, terarah dan berlanjut, diharapkan kita dapat meraih prestasi yang tinggi dalam berbagai event penting di masa yang akan datang, imbuhnya.

Selain itu, Pangdam juga berharap agar masing-masing satuan menghidupkan kembali dan menggalakkan kompetisi antar satuan dalam berbagai bidang, seperti kompetisi dalam pertandingan olah raga militer maupun olah raga umum, kompetisi kebersihan lingkungan asrama, ketangkasan prajurit, kesamaptaan dan lain sebagainya dalam rangka membangun kebersamaan, kepemimpinan lapangan, jiwa korsa, sportifitas dan profesionalisme keprajuritan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM II/SWJ: GALAKKAN KOMPETISI ANTAR SATUAN