TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam II/Swj Meresmikan Buat Lubang Biopori Ke 1 Juta

By 25 Sep 2014 23:06Kodam II/Sriwijaya
DSC_0085

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo, Rabu (24/09/2014) meresmikan penyelesaian pembuatan 1.000.000 resapan Biopori diwilayah Kodam II/Swj dalam rangka HUT ke-69 TNI tahun 2014.

Peresmian dan pembuatan resapan biopori yang ke 1 Juta dilakukan oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo di halaman markas Kodam II/Swj Palembang. Pembuatan lubang resapan biopori yang ke 1 Juta ini disaksikan oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Toto S Moerasad S.IP., M.M beserta para pejabat Kodam II/Swj, Kepala Balai Lingkungan Hidup Provinsi Sumsel dan Palembang serta perwakilan balakdam II/Swj, Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam II/Swj.

Kodam II/Swj telah membuat lubang resapan biopori di 5 Korem di Kodam II/Swj, dimana setiap Korem membuat 200 lubang resapan biopori, ditambah Kodam II/Swj, Satpur dan Satbanpur menjadi 1.250.000 lubang resapan biopori dan akan terus berlanjut pembuatan lubang-lubang resapan biopori lainnya, tegasnya

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan teleconference Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dengan seluruh Pangkotama TNI, usai Pembuatan lubang resapan biopori di Lapangan Parkir GOR A. Yani Mabes TNI Cilangkap. Panglima TNI ketika teleconference menyatakan bahwa TNI telah memulai gerakan pembuatan lubang resapan biopori yang merupakan salah satu wujud upaya TNI untuk melestarikan lingkungan dan penghijauan, karena kehidupan dan aktivitas mikro organisme membuat tanah menjadi gembur dan subur.

Menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, TNI beserta jajarannya dan masyarakat ingin memelopori pembuatan berjuta-juta lubang resapan biopori yang sangat mudah namun manfaatnya sangat besar bagi bumi/tanah.

Sementara itu Kepala Balai Lingkungan Hidup Provinsi Sumsel Ir. Risma wati Gathmyr M.EG yang turut hadir menyampaikan Lubang Resapan Biopori berfungsi sebagai lubang resapan air, sebagai tempat pemberian makanan bagi mikro organisme dan cacing dalam tanah, sebagai tempat membuat kompos dimana lubang tersebut dapat diisi dengan sampah organik dan sampah ini akan menjadi sumber makanan mikro organisme dan cacing, dengan demikian cacing tersebut dapat membuat lubang biopori kemudian lubang tersebut juga sebagai tempat penyimpanan air ditanah dan menjadikan air tanah mengandung mineral, pungkasnya.

Selain itu, kedepan Kodam II/Swj akan mengadakan sosialisasi bela negara ke sekolah-sekolah dari SD sampai SMA dan juga sosialisasi untuk membuat lubang resapan biopori di lingkungan sekolahnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam II/Swj Meresmikan Buat Lubang Biopori Ke 1 Juta