TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IM Hadiri Forkompimda Aceh

By 20 Sep 2014 07:10Kodam Iskandar Muda
DSC_8991

Banda Aceh. Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, menghadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkompimda Aceh dipimpin langsung oleh Gubernur Aceh H. Zaini Abdullah berlangsung di ruang serba guna kantor Gubernur Aceh. Rapat tersebut juga dihadiri Wali Nangro, Ketua DPR Aceh, Kapolda, Kajati, MPU Aceh, Ketua Mahkamah Syariah, Rektor UIN Danlanal Sabang, Danlanud SIM serta para Bupati dan staf Gubernur. Jum’at (19/09).

Rapat koordinasi tersebut diantaranya membahas masalah pertambangan sumber daya mineral di Aceh sudah menjadi masalah. Selain bermasalah dengan lingkungan, pertambangan juga menimbulkan persoalan di masyarakat. Akibat adanya tambang-tambang ilegal yang bermunculan yang tidak memperhatikan lingkungan dan akibat dari penggunaan mercuri dan sianida yang berdampak pencemaran terhadap sungai-sungai besar di Aceh yang sangat mengancam kesehatan masyarakat.

Dalam keteranganya Pangdam mengingatkan bahwa peningkatan dan pemerataan kesejahteraan itu penting dan harus diwujudkan di Aceh, namun segala bentuk kegiatan pemanfaatan sumber daya alam harus sesuai undang-undang yang ada dengan tidak mengabaikan dampak bagi ekosistem lingkungan sekitar khususnya kesehatan, kita wajib menjaganya untuk kita wariskan kepada generasi yang akan datang. Pihak penambang juga wajib merahabilitasi hutan yang telah dipakai sehingga dampak dari kerusakan lahan bisa di antisipasi sepertihalnya pemanasan global, pencemaran lingkungan baik sungai maupun air tanah, hingga longsor maupun banjir bandang.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam juga mengajak seluruh elemen lapisan masyarakat Aceh, mari kita jaga hutan dan lingkungan kita untuk anak dan cucu kita, dengan ikut serta mengawasi dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk memperbaiki tata kelola pertambangan di Aceh.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IM Hadiri Forkompimda Aceh