TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IM Lantik 125 Prajurit Tamtama

By 15 Sep 2014 17:14Kodam Iskandar Muda
DSC_8227

Aceh Besar. Sebanyak 125 Prajurit Tamtama dinyatakan lulus mengikuti Pendidikan Dasar Militer Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK) Gelombang l tahap I TA.2014. Pelantikan dan pengambilan sumpah menjadi prajurit TNI Angkatan Darat dengan pangkat Prajurit Dua langsung dilakukan oleh Panglima Kodam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto dengan Komandan Upacara Letkol Inf Endra Saputra Kusuma, S.E, yang keseharianya sebagai Danpusdiklatpur di Ruang Aula Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Rindam IM) Mata Ie. (12/04). Pelantikan tersebut dilaksanakan setelah mereka menyelesaikan pendidikan Secata PK selama 5 (lima) bulan.

Dalam amanatnya Pangdam mengucapkan rasa bangga, karena para Tamtama remaja sekalian telah lulus setelah melewati pendidikan penggemblengan kawah chandradimuka di rindam iskandar muda. Hal ini menunjukkan bahwa para tamtama remaja adalah orang-orang yang terpilih dan memiliki mental baja untuk dilantik menjadi seorang Tamtama TNI AD. Namun kebanggaan ini hendaknya dapat dibuktikan dengan sikap dan perilaku nyata pada saat mengikuti pendidikan lanjutan maupun pada saat bertugas nantinya. Tampilkan diri sebagai seorang prajurit yang profesional, mahir dalam olah keprajuritan, memiliki disiplin tinggi, dan patuh pada norma serta etika yang berlaku di dalam kehidupan militer.

Pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima selama mengikuti pendidikan pertama merupakan dasar yang harus terus diasah, dikembangkan dan ditingkatkan, karena mengabdi di Angkatan Darat membutuhkan kondisi fisik yang prima, mental yang baik, pengetahuan dan keterampilan yang memadai serta pribadi yang dapat dijadikan contoh teladan baik di lingkungan tugas maupun di tengah-tengah masyarakat.

Setelah mengikuti pendidikan secata tahap pertama ini, para tamtama remaja akan melanjutkan ke pendidikan tahap kedua yaitu pendidikan kecabangan corp Satpur, Satbanpur dan Satbanmin di pusat kecabangan masing-masing . Khusus untuk kecabangan Infanteri (Satpur), pendidikan dilaksanakan di Pusdiklatpur Rindam Iskandar Muda, Tiro Kabupaten Pidie Jaya selama 3 (tiga) bulan.

Kepada orang tua prajurit yang hadir disini saya ucapkan selamat atas keberhasilan putranya dalam menempuh pendidikan. Saya meng-harapkan peran bapak / ibu sekalian untuk mendorong dan memotivasi putranya untuk menjadi prajurit yang tangguh dan siap ditempatkan di mana saja dan sadarilah bahwa saat ini para tamtama remaja adalah seorang prajurit TNI-AD dimana segala sikap dan tingkah lakunya telah diatur oleh aturan militer yang berlaku.

sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, sebagai berikut : Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, agar kita selalu mendapatkan bimbingan, petunjuk dan ridho-nya dalam setiap langkah pengabdian kepada bangsa dan negara. Kedua, pelihara dan pelajari lebih mendalam ilmu-ilmu yang sudah didapat selama mengikuti pendidikan. Ketiga, jangan merasa puas diri dari apa yang sudah dicapai saat ini. Siapkan fisik dan mental yang prima untuk mengikuti pendidikan berikutnya sesuai kecabangan masing-masing. Keempat, jalani kehidupan sebagai prajurit dengan berpegang teguh pada sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib tni dalam setiap langkah dan tindakan, baik dalam kedinasan maupun dalam bergaul bersama masyarakat. Kelima, hindari perbuatan tercela yang dapat mencederai citra tni ad, selalu mengindahkan hukum, etika pergaulan dan nilai-nilai budaya yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

Turut hadir pada upacara pelantikan penutupan pendidikan Irdam, para Asisten Kasdam IM, para Komandan Satuan dan para Kabalak satuan jajaran Kodam IM serta para orang tua dan anggota keluarga para mantan siswa Secata PK.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IM Lantik 125 Prajurit Tamtama