TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IM Tutup Apel Dansat Kodam IM

By 15 Sep 2014 17:08Kodam Iskandar Muda
DSC_8118

Kodam Iskandar Muda. Selama dua hari, para peserta telah menerima berbagai materi ceramah dan pembekalan dari para pejabat Kodam Iskandar Muda dan diskusi, serta praktek, yang kesemuanya membahas upaya dan langkah optimalisasi Binsat dan penguatan fungsi dalam mendukung tugas pokok Kodam Iskandar Muda. Diskusi dan praktek untuk menyamakan visi dan persepsi para dansat sangat penting dalam rangka optimalisasi Binsat dan terwujudnya pernyataan kesepakatan para Dansat untuk melaksanakan Binsat dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, guna merespon dan menyikapi tantangan tugas ke depan. Hal tersebut disampaikan Pangdam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto saat membacakan amanat pada penutupan apel Dansat 2014 di Aula Rindam IM, Aceh Besar. Jum’at (12/9).

Pangdam menekankan hendaknya para komandan satuan mampu merumuskan dan mengimplementasikan program pembinaan satuan secara terencana, teratur, terarah, terukur dan berlanjut, serta berkesinambungan, khususnya dalam mendukung tugas pokok TNI AD khususnya Kodam Iskandar Muda. Pada tataran pelaksanaan, budayakan sharing pengalaman dan tukar menukar informasi guna mendukung keberhasilan pembinaan satuan. Untuk itu, tingkatkan 6 (enam) komponen Binsat para perwira selaku Dansat secara profesional dan proporsional, sehingga setiap tugas dapat dilaksanakan secara paripurna.

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam juga mengingatkan bahwa tantangan tugas Kodam Iskandar Muda ke depan tidak akan semakin ringan. Kompleksitas dan dimensi permasalahan di masyarakat akan terus meningkat sejalan dengan akan semakin kuatnya pengaruh berbagai kelompok kepentingan pada semua tataran kehidupan masyarakat dalam mencapai tujuannya masing-masing. Dampak dinamika tersebut, pada sisi tertentu dapat menciptakan gesekan yang akan berpengaruh pada masalah keamanan. Perubahan-perubahan cepat ini masih akan terus kita hadapi di masa yang akan datang. Dihadapkan pada kondisi masyarakat yang dinamis tersebut, para komandan satuan harus mampu mencermati setiap perkembangan situasi agar dapat mengantisipasi dan menyelesaikan setiap permasalahan secara dini.

Lebih lanjut, Pangdam berharap kegiatan sosialisasi hasil apel dansat terpusat dalam rangka peninjauan Binsat TA. 2014 ini dapat memberikan manfaat bagi kemajuan Kodam Iskandar Muda di masa yang akan datang. Untuk itu, tindak lanjuti penyampaian petunjuk dan arahan dari pimpinan Kodam Iskandar Muda kepada segenap prajurit di satuan. Implementasikan semua ilmu pengetahuan dan arahan yang diterima pada kegiatan sosialisasi ini dalam rangka mewujudkan satuan yang handal, berkualitas dan semakin didambakan oleh rakyat.

Mengakiri amanatnya Pangdam kembali mengingatkan kepada para Dansat agar tidak ragu dan tidak takut dalam bertindak untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi. Pahami semua ketentuan yang berlaku serta laksanakan koordinasi yang baik dengan semua pihak terkait dalam setiap upaya penyelesaian masalah di masyarakat. Kecepatan dan ketepatan langkah dalam bertindak akan sangat menentukan keberhasilan setiap pelaksanaan tugas.

Rangkaian kegiatan Apel Dansat Kodam IM di akhiri dengan kegiatan apel renungan suci yang di pimpin oleh Pangdam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto, yang dilaksanakan dengan penuh hikmat. Pangdam IM mengatakan kita semua berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sewajarnya. Lanjut Pangdam penghormatan yang sebenar-benarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji ”Perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga”.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IM Tutup Apel Dansat Kodam IM